UPT Bapenda Jatisampurna Optimis Capai Target PAD 2019

Bagikan:

Kepala UPTB Bapenda Kecamatan Jatisampurna, Agustinus Prakoso

JATISAMPURNA – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Daerah UPT Badan Pendapatan Daerah Kecamatan Jatisampurna tahun 2019 ditetapkan sebesar 71,4 Miliar. Target tersebut di breakdown menjadi beberapa jenis pajak, seperti pajak restoran, pajak hiburan, pajak hotel, pajak parkir dan pajak-pajak lainnya.
“Bila dirinci, pajak Hotel ditarget 4,2 Miliar, pajak restoran ditarget sebesar 40,2 miliar pajak hiburan sebesar 8,9 Miliar, pajak parkir naik menjadi 16,5 miliar dan pajak lainya. Jadi total keseluruhan ditarget menjadi 71,4 miliar, naik 6,7 miliar dari target yang ditetapkan tahun 2018 sebesar 64,7 miliar atau kenaikannya sekitar 11 persen,” kata Kepala UPT Bapenda Kecamatan Jatisampurna, Agustinus Prakoso, kamis (17/1/2019).
Ia sangat optimis target tersebut bisa tercapai, pasalnya saat ini Pemkot Bekasi telah kebijakan yang dinilai bisa mendongkrak PAD Kota Bekasi, seperti menerapkan pemasangan Tapping Box di setiap restoran untuk mengetahui jumlah transaksi yang terjadi, dan juga menaikan pajak retribusi tarif parkir di Kota Bekasi.
“Tapping Box bisa menjadi salah satu solusi bagaimana meningkatkan PAD Kota Bekasi, khususnya pajak restoran,” tambahnya.
Selanjutnya, Kata Agus, Pemkot Bekasi juga telah menaikan tarif parkir di Kota Bekasi, kenaikan tersebut didukung dengan dikeluarkannya Peraturan Wali Kota (Perwal) yang baru nomor 90 tahun 2018 terkait pajak dan retribusi parkir di Kota Bekasi.
Menurutnya, Perwal yang baru mengenai pajak dan retribusi parkir bisa sangat signifikan mendongkrak PAD dari sektor pajak dan retribusi parkir. UPTB Pendapatan sendiri telah sosialisasikan kepada masyarakat dan pengusaha parkir terkait dikeluarkan Perwal baru mengenai pajak dan retribusi parkir. “Jadi pengusaha parkir bisa langsung mengumumkan perubahan tarif parkir dan memperbarui tarif parkir yang baru di sistem komputernya,”ucapnya.
Agus mengaku sangat optimis semua target-target PAD dari sektor pajak daerah tahun 2019 yang telah ditetapkan oleh Pemkot Bekasi bisa tercapai
“Dengan kerja keras tim, mudah-mudahan target PAD dari sektor pajak di UPTB Pendapatan Kecataman Jatisampurna tahun 2019 bisa tercapai,” tandasnya.(RON)