Bawaslu Kota Bekasi Kembali akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Bagikan:

Ali Mahyail

BEKASI SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi kembali akan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) melanggar pada Pemilu 2019. Rencana penertiban akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari mendatang.
“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP, Paswacam dan juga akan menyurati pihak Kecamatan serta kelurahan untuk memberikan dukungan secara moril maupun materil terkait pelaksanaan penetiban APK,” ujar Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail, kemarin.
Ali menjelaskan rencana penertiban APK melanggar serentak akan dilakukan pada tanggal 24 Januari mendatang.
“Rencananya tanggal 24 Januari, serentak dilaksanakan penertiban APK melanggar di seluruh wilayah Kota Bekasi,” ucap Ali.
Pihak Bawaslu sendiri telah mengantongi semua titik-titik jalan mana saja APK yang akan ditertibkan oleh petugas.
“Penertiban akan dilakukan di ruas jalan Kalimalang, jalan Raya Patriot Kranji, jalan Narogong, jalan raya Jatiwaringin, jalan raya Pekayon-Jatiasih dan masih banyak lagi,” tambahnya.
Lanjut Ali, terkait penertiban APK melanggar, pihak Bawaslu juga telah mengundang Parpol peserta pemilu melalui LO partai ke Bawaslu untuk melakukan rapat koordinasi. Hasil rakor sendiri, Bawaslu menghimbau parpol untuk melakukan pencopatan APK partai miliknya sendiri sebelum digelarnya pelaksanaan penertiban oleh Bawaslu pada tangal 24 Januari.
“Kesepakatan waktu rakor beberapa waktu lalu, apabila parpol tidak menurunkan APK miliknya sendiri, maka Bawaslu yang akan membersihkan. Setelah dibersihkan ada APK yang rusak, pihak parpol tidak bisa komplain, itu kesepakatannya,” tukasnya.
Ali mengatakan, ada beberapa kriteria sesuai peraturan terkait APK melanggar yang ditertibkan, seperti APK yang dipasang dijalan raya yang tidak diperbolehkan dipasang APK sesuai SK KPU, APK yang dipasang di pohon dan taman, kantor pemerintahan dan jalan protokol.(RON)