One Day service dan Opsir PBB Online, Inovasi Bapenda Kota Bekasi Genjot Pendapatan Pajak

Bagikan:

Respon WP terhadap surat pemberitahuan dan teguran piutang PBB, warga langsung datang ketempat opsir untuk membayar PBB yang digelar di perum Citra Grand, Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, sabtu (13/10/2018)

JATISAMPURNA – Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi terus bekerja keras menggenjot penerimaan pendapatan piutang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).
Salah satu inovasi yang ditempuh Bapenda dengan rutin melakukan One Day Servis dan Operasi Sisir (Opsir) online PBB di wilayah.
Seperti terhilat, sabtu (13/10/2018) Bapenda jajaran UPTB menggelar One Day Service di Kecamatan Jatisampurna dan Opsir PBB di perumahan Citra Grand, Jatikarya.
Menurut Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, Karya Sukmajaya demi mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan semua bergerak mulai dari Bapenda, UPT Pendapatan Kecamatan serta aparatur di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan.
“Hari ini Bapenda melakukan Opsir PBB berjalan di Kecamatan Mustikajaya dan Kecamatan Jatisampurna. Alhamdulillah semua bergerak,” kata Karya saat memimpin Opsir PBB di perumahan Citra Grand, Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna sabtu (13/10/2018).
Kegiatan One Day Service yang dilaksanakan Bapenda Kota Bekasi di Kecamatan Jatisampurna, Sabtu (13/10/2018)

Selain itu, kata Karya, Bapenda juga melakukan One Day Service yang bertempat di Kecamatan Jatisampurna, dimana kegiatan ini berguna untuk melakukan verifikasi hak milik tanah, pembayaran PBB, dan juga konsultasi terkait perpindahan hak milik.
Sejak dibuka tanggal 1 Oktober hingga tanggal 12 Oktober 2018, penerimaan piutang PBB di Kota Bekasi sangat luar biasa, di angka Rp. 21 Miliar lebih.
“Hingga tanggal 12 Oktober, total penerimaan piutang PBB Rp.21.617.907.530, sangat luar biasa sekali,” sebutnya.
Sementara, Camat Jatisampurna, Abi Hurairah mengatakan, pihak kecamatan Jatiasampurna merasa terbantu kegiatan One Day Service dan Opsir PBB yang dilakukan oleh Bapenda di wilayahnya.
Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapenda karena telah melakukan kegiatan One Day Service di Kecamatan Jatisampurna berkaitan dengan perbaikan SPPT yang masih ditemukan persamalahan.
“Alhamdulillah, dari Bapenda turun untuk mensinergikan dan memperbaiki kesulitan dan kendala untuk penagihan piutang PBB,” ucapnya.
Abi menyebutkan, hingga tanggal 10 Oktober 2108, penerimaan penagihan piutang PBB di Kecamatan Jatisampurna baru sekitar 300 jutaan. Makanya kita terus bekerja optimal untuk meningkat penerimaan tagihan piutang PBB
“Sampai saat ini penerimaan piutang PBB sekitar 300 jutaan, posisi kami juga berada di 12 secara keseluruhan. Kita akan terus bergerak guna mengoptimalkan pendapatan piutang PBB,” terangnya.
Kepala UPT Pendapatan Kecamatan Jatisampurna, Agustinus Prakoso mengatakan, UPT Pendapatan Sebagai leading sektor pendapatan merasa terbantu dengan adanya pemberitahuan piutang PBB kepada masyarakat terutama buku 4,5.
Terbukti, kata Agus, dalam opsir online PBB di perumahan Citra Grand masyarakat antusias untuk datang, hampir 30 persen masyarakat membawa surat pemberitahuan piutang PBB
“Hari ini wajib pajak yang datang membayar sebanyak 82 orang. Hasil opsir PBB online mencapai
Rp 50.366.586,” ucapnya.
“Bapenda sangat konsen sekali terhadap penerimaan di sektor pajak PBB. Opsir PBB online ini salah satu inovasi dari Bapenda untuk menggenjot pendapatan pajak PBB hingga akhir tahun,” pungkasnya. (RON)