Selama di Jakarta Joni Bakal Diajak Liburan ke Taman Mini dan Dufan

Bagikan:

Johannes Adekalla Marcal (13) atau Joni yang memanjat tiang bendera agar merah putih tetap berkibar saat upacara HUT ke-73 di Belu NTT

JAKARTA – Johannes Adekalla Marcal (13) atau Jon, anak kecil asal  Belu NTT yang memanjat tiang bendera agar merah putih tetap berkibar saat upacara HUT ke-73 bakal diajak ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Dunia Fantasi. Kebetulan, Joni juga mengaku belum pernah ke kedua tempat itu.
“Mumpung sudah di Jakarta, diajak lihat dunia fantasi sama taman mini. Masih dunia anak-anak jangan dibawa yang sulit-sulit,” kata
Presiden Joko Widodo.
Selain jalan-jalan ke TMII dan Dufan, Jokowi menyanggupi 2 permintaan Joni berupa sepeda dan rumah sebagai hadiah. Jokowi meminta ke Joni, hadiah apa yang ia inginkan darinya. Sontak, Joni menjawab menginginkan sepeda, hadiah yang sering dibagikan oleh Jokowi.
Namun bagi Jokowi, hadiah itu terlalu kecil mengingat ia datang dari Belu, kota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste.
“Jauh-jauh dari Belu ke Jakarta kok minta sepeda,” kata Jokowi ke Joni. Ia meminta, Joni menyebut hadiah yang lain.
“Minta dibikinin rumah saja,” kata Joni, disambut tawa dan tepuk tangan.
Atas dua permintaan hadiah itu, Jokowi menyanggupinya.
“Sudah itu aja? Sepeda sama rumah. Ya udah, nanti saya tanya malah nambah lagi,” kata Jokowi tersenyum.
Diberi hadiah itu, Jokowi mengingatkan Joni untuk tidak malas belajar. Apalagi dia sudah mendapatkan beasiswa. Ia juga ingin anak itu bekerja keras.
Joni, awalnya tidak diagendakan bertemu dengan Jokowi. Hanya karena bersamaan dengan silaturahmi presiden dengan Paskibraka 2018 dan masyarakat teladan, Joni juga diundang sebagai tamu istimewa pada Senin 20 Agustus 2018.
Saat Jokowi menyampaikan pidatonya, Joni juga ikut diundang. Jokowi bertanya-tanya, asal muasal Joni naik ke tiang bendera.
Joni menceritakan di hadapan Jokowi, bahwa awalnya ia sakit perut saat upacara berlangsung. Kemudian, ia dibawa ke ruang perawatan dan diberi air. Saat di dalam, ia mendengar pengumuman dari Wakil Bupati Belu, siapa yang bisa naik tiang untuk mengambil tali bendera yang tersangkut di atas.
Joni menceritakan, ia langsung berlari ke luar, melepas sepatunya dan langsung menaiki tiang itu. Seperti yang diunggah dalam video yang viral itu. Meski melakukan aksi berbahaya, Jokowi tetap mengapresiasi inisiatif Joni tersebut.
“Itulah pengorbanan tanpa pamrih. Saya baca, ingin agar merah putih terus berkibar,” kata Jokowi.