Ini Dia 6 Kapolda Baru yang Dilantik Kapolri

Bagikan:

Kapolri memimpin upacara Sertijab 6 Kapolda dan Kadiv Propam di gedung Rupatama Mabes Polri

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Pati Polri. Ada 9 Kapolda dan beberapa jabatan strategis yang dirotasi, namun hanya 6 Kapolda dan Kadivpropam yang dilakukan sertijab hari ini.
Upacara sertijab digelar di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).
Upacara sertijab ini digelar sesuai dengan Surat telegram itu tertuang dalam ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VII/Kep/2018 tanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangi oleh oleh Karobinkar Brigjen Eko Indra Heri.
“Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat,” ujar Tito kepada para jenderal yang terlibat sertijab.
Sejumlah Pati yang ikut sertijab antara lain, Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Didid Widjanardi dimutasi Widya Iswara Utama yang sebelumnya menjabat Sespim Lemdiklat Polri.
Selanjutnya, Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Nandang diganti oleh Wakapolda Jatim Brigjen Eko Prihastoko. Selanjutnya, Kapolda Sumatera Utara yang sebelumnya dijabat Irjen Paulus Waterpau diganti oleh Brigjen Agus Andrianto yang sebelumnya Wakapolda Sumut.
Selain itu, Irjen Boy Rafli yang sebelumnya menjadi Kapolda Papua dimutasi mengisi posisi Wakalemdiklat Polri. Sedangkan Kapolda Papua dijabat Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya Kadiv Propam Polri.
Sementara itu, posisi Kadiv Propam Polri saat ini diisi oleh Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya Kapolda Banten. Kemudian jabatan Kapolda Banten saat ini diisi oleh Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya Karopaminal Divisi Propam.
Kapolda Lampung Irjen Suntana dirotasi menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri. Sedangkan, Kapolda Lampung diisi oleh Brigjen Purwadi Arianto yang sebelumnya Wakapolda Metro Jaya.