DLH Sosialisasikan Program Sedekah Sampah kepada Aparatur Pemkot Bekasi

Bagikan:

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Ferdhinan memberikan sosialisasi terkait sedekah sampah kepada sejumlah OPD dikota Bekasi.

BEKASI SELATAN – Dinas Lingkungan hidup (LH) Kota Bekasi, dalam menindak lanjuti program sedekah sampah berencana akan terus melanjutkan program tersebut yang dilaksanakan setiap hari senin saat kegiatan apel pagi di lapangan Plaza Pemkot Bekasi.
Dalam kegiatan sedekah sampah kali ini pihak LH sudah mensosialisasikan kepada para ASN dan non ASN yang ada diwilayah Pemerintahan Kota Bekasi atau pun kepada OPD yang ada untuk ikut serta dalam perogram tersebut.
Meski hanya di hari Senin melakukan pengumpulan sampah dan menimbang, setelah mengumpulkan sampah yang bisa di daur ulang dari OPD pengumpulannya di kecamatan juga terus melakukan sedekah sampah di setiap apelnya dilakukan seluruh ASN dan Non ASN di wilayah Pemkot Bekasi.
Direncanakan untuk untuk pengumpulan hari Senin usai apel pagi, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepda para perwakilan OPD terkait untuk melakukan pengumpulan smapahnya tidak lagi satu persatu melainkan setiap perwakilan OPD melakukan pengumpulan agar penimbangan tidak memakan waktu terlalu lama.
Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Ferdhinan mengatakan, kemarin sudah disampaikan dalam rapat Sedekah sampah untuk Senin mendatang, tidak lagi perorang untuk melakukan pengumpulan dan penimbangannya, nanti satu persatu OPD akan ada ketuanya dan ketuanya itulah yang nantinya akan maju membawa samoah dan melakukan penimbangan.
Dalam pengumpulan sampah yang di bawa itu dari setiap OPD sudah di kumpulkan terlebih dahulu agar saat penimbangan tidak terlalu mengantri seperti Senin saat pertama kali melakukan sedekah sampah terlalu lama mengantrinya. 
“Kita sudah berikan masukan kepada perwakilan OPD untuk mengumpulkan Sampah terlebih dahulu kepada ketua OPD nanti tinggal di bawa, dan tidak lagi satu persatu orang yang kita timbang melainkan satu OPD yang membawa sampah kita timbang langsung,” kata Perdhinan, belum lama ini.
Selain itu, dirinya juga akan melakukan kegiatan sedekah sampah secara konsisten yakni setiap hari Senin di waktu Apel akan dilakukan Sedekah sampah. Dari sampah yang dikumpulkan nantinya akan di jual dan uang hasil penjualannya akan dipakai untuk kebutuhan dalam kegiatan mengurangi sampah.
Meski demikian, Bank sampah yang ada juga bakal di oprasikan lagi secara maksimal, supaya program mengurangi sampah bisa berjalan dengan baik.
“Karena kemarin jumlahnya masih minim dan ada OPD juga yang masih belum merespon dengan baik, dengan adanya kelanjutan program sedekah sampah kita ingin setiap OPD benar-benar ikut serta dalam mengurangi sampah di kota Bekasi,” ungkapnya
Walikota Bekasi, Rahmad Effendi mengapresiasi program sedekah sampah, dengan adanya program tersebut dapat membuat aparatur pemerintah juga ikut serta dalam mengurangi sampah yang ada di Kota Bekasi.
“Ini adalah salah satu kreatif bisa membuat program yang bisa mendorong aparatur mencontohkan kepada masyarakat, kita harap program sedekah sampah ini terus berlanjut dan dapat menghasilkan sesuatu yang positif bagi pemerintah dan juga masyarakat,” terangnya. (ADV).