Dinas Perikanan dan Kelautan Luncurkan Akuaponik di PRKB 2019

Bagikan:

CIKARANG – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi dalam Pekan Raya Kabupaten Bekasi (PRKB) memperkenalkan pada masyarakat luas sebuah produk yang disebut Akuaponik.
Kepala Dinas Perikanan, Agus Trihono menjelaskan, Akuponik ini adalah teknologi budidaya yang memadukan ikan dan tanaman yang terbuat dari drum dan pipa.
Dijelaskan Agus lahan di Bekasi dari sawah sampai perumahan semakin sempit. Namun, dibutuhkan sebuah penghijauan yang tidak melupakan unsur tumbuhan, air dan ikan.
“Bekasi kan lahannya semakin terbatas, bagaimana supaya perikanan ada, tumbuhan juga ada. Kita perkenalkan pada masyarakat dan pengunjung PRKB dengan Aqua Ponik,” jelasnya.
Dengan Aqua Ponik inilah bisa diterapkan disetiap rumah tangga dan apartement.
“Aqua ponik ini merupakan air tawar yang bisa diterapkan di setiap rumah tangga termasuk di apartemen. Airnya tidak perlu dicampur dengan kimia,” ujarnya.
Selain bisa menanam tumbuhan untuk oksigen, Aqua Ponik ini sehari-hari dibutuhkan untuk untuk di rumahtangga. Dengan sistem Aqua ponik maksudnya penggunaan air tebatas, namun efek sampingnya bagus untuk tumbuhan dan airnya terus mengalir.
“Kalau air berkuang karena penguapan bisa ditambah sedikt,” katanya.
Agus menambahkan, satu drum kecil ini bisa untuk 100 ekor ikan kecil-kecil. Tumbuhannya pun bisa bermacam-macam.
“Bisa selada, sawi bisa, kangkung, capricorn. Ini adalagi contoh zaitun udah ada yang berbuah. dan pola ini bisa untuk sekala besar dan akan terus dikembangkan,” serunya.
“Simple tapi menarik kita butuhkan onovasi yang bisa kdepan biaya murah, dan pekarangan sdikit bisa dengan sistem ini,” tambahnya.