Puskesmas Kaliabang Tengah Benarkan Seorang Ibu Melahirkan di Toilet Puskesmas

Bagikan:

Puskemas Kaliabang Tengah

BEKASI SELATAN – Seorang ibu warga kaliabang melahirkan di toilet Puskesmas tanpa bantuan petugas medis.
Peristiwa itu terjadi di Puskesmas Kaliabang Tengah yang berlokasi di Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara, minggu (17/2/2019) sore.
Informasinya, peristiwa itu terjadi diduga akibat petugas medis yang piket sore itu tidak mengetahui ada pasien yang datang, untungnya ibu dan bayi dalam kondisi sehat dan selamat.
Salah satu staff puskesmas Kaliabang Tengah saat dikorfirmasi membenarkan adanya peristiwa seorang ibu hamil melahirkan di toilet puskesmas.
Pasien sendiri sedang hamil anak ke-9 dan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Kaliabang Tengah
“Kami kenal dengan pasien, yang bersangkutan sedang hamil anak ke-9, pasien ini sudah rutin periksa kehamilan ke Puskesmas,” ucap Utami, wanita yang mengaku sebagai Kordinator Tata Usaha (TU) Puskesmas Kaliabang Tengah saat ditemui awak media, senin (18/2/2019).
Diakuinya, memang waktu kejadian tidak ada petugas medis berada di tempat. Utami berdalih semua petugas jaga sedang berada didalam, sedang persiapan sholat magrib, jadi tidak mendengar ada pasien datang.
Menurut pengakuan pasien sempat memanggil-manggil petugas medis yang saat itu sedang piket yang jaga, namun tidak ada satupun yang mendengar.
“Sebenarnya ada dua petugas medis yang piket saat itu, cuma waktu ibu tersebut datang tidak ada orang didepan karena kebetulan Office Boy (OB) sedang keluar.Kebetulan juga saat itu menjelang magrib sehingga petugas medis sedang berada didalam hendak persiapan sholat magrib, jadi petugas jaga tidak mendengar ada pasien memanggil,” ujarnya
Dikatakan, setelah lahir ibu dan bayi sempat di bawa ke bidan terdekat guna mendapat tindakan lanjutan. setelah itu, pasien dirujuk kembali ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.
“Kita terima Ibu dan bayi untuk mendapatkan perawatan di Puskemas, kondisi keduanya sehat, tidak ada masalah dan pasien sudah pulang tadi pagi,” katanya.(RON)