Lapas Cikarang Rangkul BNK untuk Cek Urin Warga Binaan

Bagikan:


CIKARANG – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi menggelar sosialisasi bahaya narkoba kepada petugas dan warga binaan Lapas Cikarang, Jumat (21/9/2018).
Sosialisasi diikuti oleh setidaknya 100 warga binaan Lapas Cikarang dari berbagai kasus. Perwakilan dari Satres Narkoba Polres Metro Bekasi AKP Tabah Prihatin menjadi narasumber pada kegiatan ini.
Setelah kegiatan sosialisasi, 100 warga binaan kasus narkoba menjalani tes urine. Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta mengapresiasi gelaran yang terlaksana bersama BNK ini.
“Ini atas kerja sama BNK dengan Polres Metro Bekasi. Kami sambut baik dan apresiasi. Ini luar biasa bagi warga binaan dan kami sendiri,” katanya.
Kadek mengatakan, 2 pekan sebelumnya ia dan petugas lapas juga menjalani tes urine antara petugas lapas dan semuanya negatif. Ia berharap hasil itu dipertahankan pada tes kali ini.
“Untuk menangani narkoba, kita tidak bisa sendiri. Kita butuh dukungan masyarakat, apalagi penegak hukum sehingga kasus narkoba di Kabupaten Bekasi teratasi,” ucapnya.
Pada tahap pertama, ada 100 warga binaan yang menjalani tes urine dari total 1.600 warga binaan. Selanjutnya pemeriksaan akan secara bertahap.
“Kita sepakat dan berkomitmen untuk dapat memberantas narkoba. Mudah-mudahan komitmen kami bisa berjalan untuk memberantas narkoba,” katanya.
Perwakilan BNK Kabupaten Bekasi Jumarwansyah Zainal mengatakan sejauh ini belum ada warga lapas yang positif mengonsumsi narkoba. Hingga berita ini diturunkan, tes urine masih berlangsung.(jie)