Rumah Baca Bambu Jatirangga Tunggu Fasilitas Rak dan Buku Bacaan

Bagikan:

Rumah Baca Bambu Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna

JATISAMPURNA – Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, kini mempunyai rumah taman baca yang dibangun dengan ornamen bambu. Taman baca bambu di kelurahan Jatirangga satu-satunya di Kota Bekasi bangunan semua terbuat dari bambu.
Dengan berdirinya rumah taman baca bambu, pihak Kelurahan berharap bisa memberikan minat baca bagi warga dan tidak mudah termakan berita bohong. Nantinya, bakal disediakan ribuan koleksi buku bacaan dari buku umum hingga buku anak-anak.
“Tujuan utamanya kita ingin manangkal berita bohong, karena budaya baca disini masih rendah. Diharapkan dengan didirikan taman baca minat baca masyarakat jadi meningkat,” ucap Lurah Jatirangga, Ahmad Affandi, dikantornya, Selasa (15/10/2019).
Lurah Jatirangga, Ahmad Affandi

Afandi mengatakan, saat ini Rumah Baca Bambu sudah selesai proses pembangunannya, akan tetapi belum dibuka untuk umum, karna masih kekurangan pengadaan fasilitas mendukungnya seperti rak buku bahan bambu maupun fasilitas lainnya.
“Bangunan sudah 100 persen selesai pembangunan, tinggal fasilitas pendukungnya belum ada seperti rak buku yang terbuat dari bambu dan buku bacaan,” katanya.
Ketika bangunan taman baca bambu sudah jadi dan diresmikan, pihak Kelurahan akan membuat program Story Teeling bekerjasama dengan mahasiswa Unisma yang akan membimbing ke anak-anak setiap dirumah taman baca bambu.
“Kita akan jadwalkan untuk mengundang anak-anak SD dan PAUD, nantinya para mahasiswa akan memberikan motivasi dan pembelajaran untuk meningkat minta baca bagi anak-anak di Jatirangga,” imbuhnya.
Rumah taman baca bambu berlokasi di Kelurahan Jatirangga. Taman baca tersebut dibangun menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) Kelurahan Jatirangga sebesar Rp75 juta. Ornamen yang digunakan semua terbuat dari bambu yang didatangkan khusus dari wilayah Garut.
“Kita bekerja sama dengan bambu juara, bambu juara itu bambunya Jawat Barat yang saat ini sedang diproduksi skala besar. Sisa materialnya menggunakan bambu dikelurahan Jatirangga sendiri,” tutupnya.(RON)