Dishub Pasang Pembatas Ketinggian Larang Truk Besar Masuk Jalan Kalimalang

Bagikan:

pemasangan pembatas ketinggian terletak disisi pintu masuk JORR Cikunir

BEKASI SELATAN – Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan pemasangan Portal Pembatas Ketinggian untuk membatasi kendaraan truk bertonase besar melintasi jalan KH Noer Ali Kalimalang, Kamis (8/8/2019). Ini dilakukan guna melindungi kondisi ruas jalan kalimalang yang saat ini kondisinya rusak parah.
“Portal Pembatas Ketinggian hari ini telah dipasang oleh Dinas Perhubungan, menyusul masih adanya kendaraan truk bertonage diatas 8 ton masuk ke Kalimalang walaupun rambu pembatasan tonage sudah dipasang beberapa bulan lalu,” Kepala Bidang Teknik Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan.
“Adapun lokasi pemasangan pembatas ketinggian terletak disisi pintu masuk JORR Cikunir. Dengan terpasang Portal Pembatas Ketinggian, kini apabila terdapat kendaraan berat keluar dari pintu tol Kranji akan masuk kembali ke jalan tol,” imbuhnya
Sebelumya, menjelang Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2019 bulan Juni lalu ruas jalan kalimalang rusak berat akibat adanya pipa PDAM yang melintas Kalimalang bocor terkena tekanan berat kendaraan. Ditambah lagi beban angkutan berat yang melintas semakin menambah parah kondisi jalan kalimalang.
Guna melindungi kondisi ruas jalan kalimalang, pipa PDAM yang ada serta 5 Sipon yang ada sepanjang Kalimalang serta ditambah adanya pekerjaan tol Becakayu yang mengurangi kapasitas jalan kalimalang, Dinas Perhubungan Kota Bekasi memasang rambu pembatasan tonage 8 Ton. Namun cara tersebut tidak efektif karena masih banyaknya kendaraan tonase berat melintas jalan ruas Kalimalang.
Johan Budi menambahkan, Portal pembatas ketinggian dipasang secara permanen selama jalan Kalimalang belum diperbaiki daya dukung untuk dilintasi kendaraan bertonase besar.
“Kita pasang permanen, selama ruas jalan Kalimalang belum ditingkatkan daya dukungnya dan menjadi lintasan barang nasional,” tandasnya.(RON)