Penggiat Musik kecam Draft RUU Musik

Bagikan:


TANGERANG -Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang masuk prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019 di kecam para penggiat musim, pasal dan ancaman pidana di dalamnya dikhawatirkan mengekang kreativitas musisi dan kebebasan berekspresi.
Para pemusik itu antara lain menyoroti adanya ancaman pidana penjara maupun denda terhadap mereka yang dianggap mendorong khalayak berbuat kriminal dalam proses kreasinya, termasuk membawa pengaruh negatif budaya asing dan merendahkan martabat manusia.
Salah satu kecaman tersebut datang dari Tata melodya salah satu penggiat musik yang menyatakan, bahwa dengan adanya Draft RUU Musik mematikan kreativitas para musisi ataupun penggiat musik. Karena dalam pasal yang ada di dalam RUU tersebut tidak berpihak kepada para seniman musik.
“Pakai banyak peraturan , saya nyanyi bermusik pun atas dasar hati jiwa raga , pas lagi sedih, bahagia, lapar, tidak punya duit , nyanyi saja. Memang itu yanh buat RUU tau perasaan kita, udah banyak aturan dan kebahagiaan bermusik itu hak semua orang,”ujarnya.
Wanita dengan panggilan akrab Tata itu menambahkan, kalau adanya RUU untuk musik banyak dampaknya, banyak yang tidak mengEKSPRESIKan diri di musik. Bermusik menjadi hal yang menakutkan, karna banyak perarturan.
“Dampak lain, bakalan ada lagi , jadi tidak bisa berkarya sesuai keinginan sesuai hati kereba takut kalau musisi bikin lagu tentang rakyat emg ada apa. Suara masyarakat biasa itu wajib di salurkan agar pemerintahan tidak semena-mena juga, ini yang bikin saya makinan ketawa, memang musik ganggu banget apa gimana ? Sammpe ada RUU tersebut,”ungkapnya.
Tata berharap pemerintah pusat bisa mengkaji lagi tentang RUU Musik yang membuat resah para penggiat musik serta musisi yang ada di tanah air ini. Biarkan bermusik mengalir seperti apa adanya, seperti nada nada yang indah baik minor maupun mayor.
“ Musik itu yang membahagiakan tanpa kita sadari, sedih, bahagia, lapar, haus , sibuk , apalagi banyak obatnya yang relax selain dzikir banyak, denger musik shalawatan atau musik yg kalian pada suka bisa bantu banget buat Relax. So I sing because im Happy and free …. !!!!!,”tutupnya.(**)