Karya Ahmad Hadiri Milad I Sanggar Pencak Silat Betawi Godotan Baba Kacong

Bagikan:

Karya Ahmad (pangsi kuning) bersama pembina Sanggar Bela Diri Godotan Baba Kacong, Baba Ncek Prabu

JATIASIH – Ketua Paguyuban Rumah Budaya Kota Bekasi, Karya Ahmad hadiri Milad I sanggar bela diri tradisional pencak silat Betawi Godotan Baba Kacong yang berlangsung di lapangan Kecamatan Jatiasih, minggu (13/01/2019).
“Saya apresiasi tumbuh dan berkembangnya beragam komunitas budaya lokal khususnya Budaya Betawi di Jatiasih. Sanggar bela diri tradisional pencak silat Betawi Godotan Baba Kacong salah satunya. Inilah bukti bahwa Seni dan budaya Betawi di Jatiasih tidak hilang ditelan zaman,” kata Karya Ahmad.
Karya Ahmad, yang juga Caleg DPRD Kota Bekasi dari partai Golkar dapil IV, Jatiasih dan Jatisampurna mengaku akan memperjuangkan para komunitas dan pecinta Budaya Betawi untuk lebih mendapatkan tempat di rumah sendiri.
“Kedepan, saya akan dorong agar pemerintah bisa menggelar festival-festival Budaya Betawi di tingkat Kecamatan. Kota Bekasi sangat kental sekali unsur budaya Betawinya. Ini yang akan saya perjuangkan jika terpilih menjadi anggota dewan nanti,” tandasnya.
Lanjut Karya, ia juga mengajak kepada warga di Kecamatan Jatiasih untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal, khususnya silat tradisional Betawi agar terus terjaga.
“Ini lebih bagaimana menjaga seni tradisi, sehingga tertanam untuk mencintai seni budaya sendiri. Kita harus jaga agar seni dan budaya Betawi terus berkembang di Jatiasih,” pungkasnya.

Sementara, pembina Sanggar Bela Diri Godotan Baba Kacong, Baba Ncek Prabu mengatakan, terlaksananya milad perdana Sanggar Godotan, atas dukungan paguyuban sanggar yang ada di Kecamatan Jatiasih, beserta komunitas dan ormas pencinta seni budaya dalam memajukan budaya lokal.
Baba Ncek, mengakui, Sanggar Godotan selama ini fokus dalam membangkitkan seni tradisi silat tradisional Betawi Bekasi, yang sudah hampir punah. Godotan adalah nama tersendiri, dalam arti silat sejak zaman Belanda.
“Godotan Baba Kacong adalah satu ciri khas Jatiasih sejak zaman Belanda. Berbagai seni budaya Betawi dilestarikan, seperti tradisi palang pintu dan seni Betawi lainnya,” tandas Ncek Prabu.
Milad I sanggar bela diri tradisional pencak silat Betawi Godotan Baba Kacong, diisi dengan tampilan 40 perguruan silat di Kota Bekasi.(RON)