Bawaslu Kota Bekasi Bakal Turunkan APK di Bilboard yang Melanggar

Bagikan:

Ali Mahyail

BEKASI SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi mengklaim sudah melakukan pengawasan terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pada perhelatan pemilu 2019
Terkait pengawasan pemasangan APK di Bilboard oleh parpol peserta Pemilu, Bawaslu mengaku temukan ada beberapa partai yang melebihi ketentuan yaitu dua, terkait pemasangan APK di Bilboard. Bila nanti terbukti melanggar ketentuan Keputusan KPU RI maka Bawaslu akan melakukan pencopotan. Demikian disampaikan, Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail.
Diketahui, Keputusan KPU RI nomor 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang Petunjuk Teknis Fasilitasi Kampanye dalam Pemilihan Umum tahun 2019. Di BAB II, Nomor 12 tentang Penambahan Alat Peraga Kampanye oleh Peserta Pemilu.
Pada ayat b yang bunyinya, Jumlah Penambahan APK untuk Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Partai Politik Peserta Pemilu dan Perseorangan Anggota DPD, dalam nomor 3, disebutkan bahwa “Bilboard atau Videotron paling banyak 2 (dua) buah di Kabupaten/Kota”.
Dikatakan Ali, saat ini Bawaslu Kota Bekasi sedang inventarisir partai apa saja yang pasang APK di Bilboard.
“Kalau sudah dapat bukti-buktinya, Bawaslu akan melakukan pemanggilan untuk klarifikasi, tetapi sebelumnya harus di registrasi dahulu di pelanggaran adminitrasi. Jadi larinya ini adalah pelanggaran Administratif,” ucap Ali Mahyail, kemarin.
“Sekarang, kita sedang perintahkan kepada Panwascam untuk lakukan inventarisir APK melanggar, Kita suruh foto, lokasinya dimana, dan juga caleg serta partainya apa?” ujarnya.
Lanjut Ali, bila dalam pemanggilan terbukti bersalah, maka Bawaslu akan memberikan sanksi berupa peringatan, sekaligus meminta yang bersangkutan untuk melakukan penurunan APK yang dipasang di Bilboard tersebut.
Menurutnya, karena pemasangan APK di Bilboard sangat besar ukurannya, tidak bisa langsung diturunkan disebabkan petugas Satpol PP tidak mempunyai alat yang memadai, Bawalu akan minta bantuan Dinas terkait.
“Kita akan berkirim surat kepada Distaru Kota Bekasi untuk menurunkan APK yang melanggar ketentuan terpasang di Bilboard,” tandasnya. (RON)