Kanwil DJP Jabar II Bangun Kesadaran Masyarakat Taat Bayar Pajak

Bagikan:


BOGOR – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II helat Media Gathering dengan para insan pers yang ada di Bekasi dengan mengsusung tema ‘Bersama Media Membangun Kesadaran Pajak’ di Bumi Sampireun Vimala Hills, Gadog Bogor, Selasa (18/12/2018).
Dalam kesempatan kegiatan Media Gathering ini, seluruh awak media diminta andil bagian dalam membangun kesadaran masyarakat agar peduli membayar pajak.
“Ada beberapa kendala dalam meningkatkan pendapatan pajak, yaitu keterbatasan SDM yang dimiliki DJP II Jawa Barat. Tentu kita berharap rekan-rekan media dapat membantu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar taat membayar pajak,” ujar Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian, Rina Lisnawati dikesempatan yang sama.
Luasnya wilayah di lingkup DJP II, menurut Rina menjadi salah satu tantangan bagi pihaknya dalam memperoleh pendapatan yang maksimal.
Dia mengakui bahwa masih banyak masyarakat di wilayah pesisir yang memiliki penghasilan lebih, namun belum menyadari kewajibannya sebagai Wajib Pajak.
“Kita akan terus mengintenskan kegiatan penyuluhan kelas pajak, sosialisasi, edukasi kepada perusahaan yang memiliki karyawan banyak dan menggandeng unsur pemerintahan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Minimal target awalnya adalah kepemilikan NPWP,” kata Rina mengulas.
Sementara, Kepala Bidang Data, Pengawasan dan Potensi Perpajakan DJP II, Witarto mengatakan, hasil kerja keras segenap pimpinan dan pegawai Kanwil DJP Jabar II pun membuahkan hasil perolehan target pajak saat ini sudah mencapai 92, 84 persen.
“Target  penerimaan pajak Kanwil DJP Jabar II sebesar Rp 40.5 T. Sampai tadi siang sudah terealisasi Ro. 37.5 T atau setara dengan 92,84 persen, ” jelas Witarto
Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bahkan di akhir Desember 2018 ini Kanwil DJP Jabar II optimis perolehan pajak bisa mencapai 100 persen.
“Target pertumbuhan perolehan pajak melebihi 21 persen dari target yang ditetapkan kantor pusat, semua  berkat kerja keras segenap pimpinan dan pegawai, ” jelas Witarto.
Berbagai upaya untuk membangun kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, Kanwil DJP Jabar II menerapkan strategi seperti melakukan inventarisir atau kanvasing ke potensi wajib pajak di wilayah kerja Jabar II.
“Melakukan kanvasing dengan menelusuri wilayah potensi pajak dengan mendaftarkan wajib pajak dan memaksa wajib pajak yang memang diperlukan agar segera menjalankan kewajibannya, ” jelas Rina Ningsih selaku Kabid. pendaftaran, eksistensi dan penilaian.(RON)