Gerindra Dorong Bekasi Punya BUMD B3 dan Sampah

Bagikan:

Nugraha Hamdan

CIKARANG – Ketua DPC Partai Gerindra, Nugraha Hamdan menegaskan Fraksi Gerindra bakal mendorong berdirinya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak dibidang B3 dan sampah.
“Kami akan masukan program ini lewat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampeperda). Kita minta fraksi Gerindra agar berkomunikasi dengan Balitbangda, Bappeda, dan pihak-pihak terkait,” jelasnya.
Menurut Nugraha, jika sebelumnya sudah ada BUMD yang tidak jalan seperti Bekasi Putra Jaya (BPJ) dan Bumi Bekasi Jaya (BBJ) mau diaktifkam kembali, sebaiknya Perda dan legalitas perusahaannya harus diubah.
“Gak apa-apa jika Pemkab Bekasi, dalam hal ini Balitbang dan Bappeda punya pandangan menghidupkan kembali 2 BUMD yang dulu pernah ada seperti BBJ dan BPJ. Tapi harus jelas dalam legalitas perusahaannya artimya harus ada perubahan. Pun begitu Direksinya harus berasal dari Kabupaten Bekasi,” jelasnya.
Digambarkan Nugraha, potensj sampah 2300 ton sehari yang masuk ke Buramgkeng. Tapi kenyataanmya sekarang ini hanya 800 ton.
“Selain itu, kondisi 12 sungai di Kabupaten Bekasi tercemar rata-rata karena limbah. Ipal yang tidak terkontrol. Kamis berharap dewan dari Gerindra yang duduk di Bapemperda, Lydia, Zamroni, dan Bakti, bisa segera menyiapkan regulasi BUMD B3 dan Sampah tersebut,” katanya.(*)