Kota Bekasi Dapat Bantuan Kapal Pembersih Sungai

Bagikan:


JAKARTA – Kota Bekasi kini memiliki kapal pembersih sungai yang dinamakan Seahamsters, kapal tersebut atas kerjasama antara Pemkot Bekasi dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Waste for Change, One earth One ocean, Reset Plastic, Recycle. Kota Bekasi menjadi pilot project dari penggunaan kapal pembersih sungai.
“Kami waste for change bersama One earth One ocean, Reset Plastic, Recycle, memberikan kapal pembersih sungai kepada Pemkot Bekasi. Ini merupakan kerjasama yang baik dan diharapkan dengan adanya kapal ini dapat meminimalisir dampak dari pencemaran limbah sampah plastik di sungai. Kota Bekasi menjadi pilot project,” ujar Faris
Sementara Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto mengatakan aktivitas bersih-bersih sungai nantinya akan fokus pada daerah aliran sungai Kali Bekasi. Namun Tri berharap dan diupayakan saat ini adalah bagaimana mencegah langsung pada sumbernya agar sampah tidak dibuang ke aliran sungai, dengan menciptakan kesadaran akan lingkungan.
” Akan dioperasikan pada pembersihan daerah aliran sungai kali Bekasi. Kita sadari pencemaran sampah di Kota Bekasi di tiap harinya mencapai 1800 ton, dengan adanya kapal ini nantinya akan difokuskan pada pembersihan kali Bekasi, selama ini pembersihan sampah di kali Bekasi hanya dilakukan secara manual. Dengan adanya bantuan ini maka akan mempermudah kita untuk pembersihan,” kata Wakil Walikota Bekasi.
Ia juga mengatakan masyarakat sendiri harus ada rasa kesadaran yang tinggi untuk bersama menjaga kebersihan sungai. Saat ini di musim penghujan adanya kiriman sampah dari daerah hulu sangat banyak, dengan adanya kapal ini menjadi antisipasi kita dalam penanganan sampah yang ada di kali Bekasi.
Penyerahan Kapal pembersih sungai berlangsung di Hotel Pullman Jakarta. Hadir pada acara tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.
Kota Bekasi mendapatkan tiga buah kapal, dan nantinya kapal tersebut akan disiagakan di Bendungan Prisdo Kota Bekasi. (RON)