Zhouzhuang Kota 'Air' Terkenal di China

Bagikan:

Kota air Zhouzhuang (Foto : Merdeka)
Kota air Zhouzhuang (Foto : Merdeka)

Kalau di Italia ada Venice, maka lain halnya dengan China. China memiliki kota Zhouzhuang, kota air paling terkenal di China. Terletak di antara danau Taihu dan Shanghai, 55km di sebelah tenggara Suzhou, yang mengalir sungai Baixian.
Zhouzhuang dikelilingi oleh danau dan sungai yang menawarkan pemandangan kota air dengan rumah-rumah berlantai dua dengan cat putih dan ubin hitam yang mengapit sungai. Sejumlah jembatan batu juga tampak menghiasi daerah permukiman ini

Pemukiman ini berdekatan dengan sungai dan danau dan keindahan secara khusu kota ini dapat ditemukan sepanjang jalur air, rumah- rumah berlantai dua bercat putih dengan ubin hitam yang mengapit sungai dan sekitar sejumlah jembatan batu.
Sekitar 1,000 rumah berdiri di Zhuozhuang yang 60 persennya merupakan bangunan zaman Dinasti Ming dan Qing. Salah satu jembatan yang menjadi ikon Zhouzhuang yang terkenal adalah ‘The Twin Bridges’. Jembatan ini menghubungkan sungai Yinzi dan sungan Nanbei.
Objek wisata di Zhouzhung yang paling terkenal adalah 14 jembatan yang dibangun pada zama Yuan (1271-1368),Ming (1368- 1644) dan Qing (1644- 1911) Dinasti.Jembatan ini merupakan salah satu simbol dari Zhouzhuang uang terdiri dari dua jembatan diposisikan sehingga mereka membentuk sudut kanan atas sungai dan pertama kali dibangun selama wanli pada Pemerintahan (1573- 1619).Jembatan lain yang patut dicatat adalah Fu’an Bridge, yang memegang perbedaan menjadi jembatan tertua di Zhouzhuang yang dibangun di 1355.Untuk mengelilingi kota Zhuozhuang hanya dibutuhkan satu hari saja untuk berjalan-jalan. Dibantu dengan kapal yang akan mengantarkan para pengunjung berkeliling kota air tersebut.(Red/Net)