DPK Kabupaten Bekasi Berikan Pengetahuan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Bagikan:

CIKARANG – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi terus meningkatkan pembinaan pada kelompok usaha kecil agar bisa memanfaatkan teknologi dan memasarkan beragam produk yang berasal dari hasil ikan.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), Agus Trihono menjelaskan, seperti pengolahan kaji terap pembuatan dendeng patin, abon patin, dan amplang patin, serta pinbal patin di Kecamatan Cikarang Timur dan Cikarang Pusat.
Dua kecamatan tersebut merupakan sentral ikan patin dan ketika harga ikan patin yang di serap dipasaran terlalu murah, maka untuk meningkatkan edit value atau nilai tambah dari ikan patin tesebut perlu dilakuakn sebuah terobosan dengan langkah pengolahan ikan patin menjadi suatu produk yang dibuat berbagai rupa ikan patin.
“Inilah yang sudah dilakukan terhadap 10 kelompok wanita usaha perikanan, mudah-mudahan dari pelatihan ini bisa menjadi UKM pengusaha perikanan lebih tangguh, khsuusnya untuk mengangkat produksi ikan pain dan pemanfaatan ikan patin,” ujarnya.
Agus menambahkan, dengan pelatihan dan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kembali potensi wilayah dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat perikanan di Kabupaten Bekasi.
“Meningkatkan pengetahuan mengenai aneka produk olahan yang bernilai ekonomi, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai nilai gizi produk perikanan, menfasilitasi masyarakat untuk mengakses permodalan kepada Perbankan serta meningkatkan kecintaan genarasi muda terhadap dunia perikanan,” ungkapnya.