Kota Bekasi Akan Menjadi Percontohan Sekolah Pancasila

Bagikan:

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jendral Boy Rafli Ahmad sedang menjawab pertanyaan dari awak media sesaat setelah mengisi acara Bimtek di Balai Patriot, Komplek Kantor Pemerintahan Kota Bekasi, Kamis  (21/08/2014).
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jendral Boy Rafli Ahmad sedang menjawab pertanyaan dari awak media sesaat setelah mengisi acara Bimtek di Balai Patriot, Komplek Kantor Pemerintahan Kota Bekasi, Kamis (21/08/2014).

BERITABEKASI.CO.ID, KOTA BEKASI – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jendral Boy Rafli Ahmad mengatakan bahwa Kota Bekasi akan menjadi Kota Percontohan bagi sekolah Pancasila. Rencananya, tidak hanya diterapkan ditingkat SMA saja, namun akan menyeluruh sampai ke tingkat SD/MI.
“Di Kota Bekasi akan dilanjutkan secara menyeluruh, bahkan akan diprioritaskan menjadi program ekstrakulikuler pilihan,” ujarnya di Balai Patriot Komplek Kantor Pemerintahan Kota Bekasi, Kamis (21/08).
Dalam porsinya, Polri hanya mendukung penegakan hukum. Hal ini diwujudkan dalam menjadikan pancasila sebagai sumber hukum.
“Ini memang penting diajarkan pada pemuda pemudi, sehingga tindak kejahatan yang ada diantara kalangan pelajar tidak terjadi, seperti tidak ada tawuran, tidak ada narkoba dan tidak menyakiti orang lain,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Encu Hermana menjelaskan bahwa sebenarnya pihaknya telah memasukan nilai-nilai Pancasila dalam Kurikulum Tematik Tahun 2013 di seluruh sekolah Kota Bekasi.
“Ini hanya masalah nama, aktifitasnya sudah ada, namun penerapannya baru dilakukan dalam Sekolah Pancasila,” jelasnya.
Untuk itu, program Sekolah Pancasila akan segera diterapkan di seluruh sekolah di Kota Bekasi pada tahun ini. “Hari ini baru mulai Bimtek, kita upayakan ada di seluruh sekolah di Bekasi, mulai dari 2 tahun ajaran ini,” pungkasnya. (wok)