Antisipasi Macet, Kemenhub Siapkan Armada Mudik Gratis

Bagikan:

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITABEKASI.CO.ID, BEKASI TIMUR – Guna mengantisipasi kemacetan dan mengurangi angka kecelakaan yang rutin terjadi pada mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan menyiapkan armada mudik gratis bagi masyarakat, khususnya para pengendara sepeda motor. Pihak Dinas Perhubungan Kota Bekasi, juga telah membuka pendaftaran mudik gratis tersebut, mulai dari 1-16 Juli 2014, di kantor Dishub lama di Jalan Juanda, Bekasi Timur.
“Ini merupakan kegiatan rutin dari Kemenhub. Pendaftarannya sudah dimulai, dan di hari pertama sudah ada 55 orang yang mendaftar,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Sopandi Budiman, Rabu (2/07/2014).
Menurutnya, dari satu keluarga yang mendaftar di program mudik gratis, hanya akan dilayani sebanyak tiga orang saja, yakni suami, istri dan seorang anak. Mereka juga harus melengkapi syarat pendaftaran, antara lain fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) serta STNK dan berdomisili di Kota Bekasi. Sedangkan waktu pendaftaran dimulai pukul 08.00-16.00 WIB untuk hari kerja, dan pada Sabtu-Minggu dimulai pukul 09.00-15.00 WIB.
“Tujuan para pemudik cukup beragam, seperti Jogja, Solo, Wonogiri Purworejo, Purwokerto, Tasik, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Magelang,” paparnya.
Untuk keberangkatan pemudik sendiri, lanjutnya, akan dijadwalkan pada 24 juli 2014 yang bertempat di parkir Monas, Jakarta Timur tepatnya  pintu barat.  Sedangkan untuk motor pemudik, diberangkatkan sehari lebih dulu, yakni Rabu, 23 Juli 2014 pukul 10.00 WIB di parkir Bulok, Jakarta Utara.
“Pemudik akan berangkat dari pintu barat parkiran Monas, dan motor pemudik diberangkatkan dari parkir Bulok, Jakut,” pungkasnya. [bam]