Disbudpora PemKab Bekasi: Banyak Program dan Event Sudah Dijalankan Sampai dengan Akhir Tahun 2023

Bagikan:

CIKARANG – Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga pada Disbudpora Kabupaten Bekasi, Yudi Candra Permana, mengungkapkan sejumlah program yang udah dijalankan diantaranya, perlindungan altlet dengan BPJS Tenagakerja, pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga atau Sport Development Index (SDI), pembinaan guru olahraga.

“Saat ini menjelang akhir tahun, dapat saya sampaikan kami sudah menjalankan program-program yang intinya untuk kemajuan an perkembangan olahraga di Kabupaten Bekasi. Dari mulai atltenya, pelatihnya, dan organisasinya. Misalnya, pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga atau Sport Development Index (SDI), pembinaan guru olahraga, pembinaan pelatih, sampai asuransi dengan BPJS Tenagakerja,” bebernya.

Yudi menjelaskan para atlet, pelatih serta para guru olahraga bisa sama-sama memahami bagaimana menangani cedera awal. Agar bisa diantisipasi jangan sampai cedera semakin parah. Atlet merupakan investasi utama terhadap prestasi olahraga yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Jangan sampai atlet kita tidak terfokus bagaimana penanganan cedera, sehingga kedepannya malah berbahaya serta kurang bagus untuk pembinaanya,” tambahnya.

Kemudian prohram pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga atau Sport Development Index (SDI). Yudi Candra Permana menjelaskan, pengambilan dan penginputan data SDI akan dilakukan melalui survei pendataan SDI tahun 2023. Pengambilan dan penginputan data itu akan dilaksanakan di 23 kecamatan dengan sampling 47 desa atau kelurahan se-Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut, dengan survei pendataan SDI tahun 2023 pada 23 kecamatan dengan sampling desa/kelurahan sebanyak 47 desa/kelurahan se-Kabupaten Bekasi, dengan responden sebanyak 30 responden per desa atau kelurahan dengan total responden 1.470 responden se-Kabupaten Bekasi.

“Dengan SDI memberikan penilaian yang efektif bagi perkembangan olahraga dengan menawarkan tolak ukur keberhasilan olahraga. Ke empat poin itu, menjadi indikator keberhasilan olahraga,” katanya.

Sementara untuk event-event olahraga, seperti yang sudah berlalu seperti ajang Kormi, Popda, Koni, ada sepakbola, badminton.

“Kalau event olahraga, seperti yang sudah kita ketahui bersama seperti sepakbola, badminton, olahraga masyarakat, ada olahraga pelajar juga. Termasuk pada HUT Kabupaten Bekasi kemarin kita ikut serta terlibat dan memeriahkan,” singkatnya.

 

Bagikan: