Lantunan Sholawat Iringi Pemakaman Eril

Bagikan:

BANDUNG – Sholawat terus berkumandang sepanjang jalan, dari semua orang yang mengantarkan dan menyambut jenazah Emmeril Khan Mumtadz putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang dimakamkan di Cimaung Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022).

Pantauan awak media, jenazah Eril tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 11.00 siang.

Terlihat iring-iringan jenazah sangat panjang hingga puluhan kilo meter. Jutaan masyarakat Kota/Kabupaten Bandung penuhi jalan raya dari lokasi Gedung Pakuan hingga lokasi Pemakaman.

Saat jenazah Eril tiba, langsung diantarkan dengan kumandang adzan oleh Muzzamil Hasballah, seorang imam mesjid bersuara merdu lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Setelah itu, makam eril perlahan ditutupi oleh tanah. Ayahanda Eril, yaitu Ridwan Kamil yang pertama menutupi makam dengan tanah, selanjutnya dikerjakan 7 orang penggali kubur.

Jutaan masyarakat terus melantunkan doa dengan khidmat untuk mengantarkan Eril ke tempat peristirahatan terakhir.

Ayahanda Emmeril Khan Mumtadz, Ridwan Kamil menuliskan doa untuk putra sulungnya seperti ini.

Dear Eril:

Saatnya kamu pulang ke negeri yang menguntai jutaan doa. Ke negeri para wali yang salah satunya adalah leluhurmu.

Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai.

Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu.

“Masjid Al Mumtadz” yang artinya “Terbaik”, terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini.

Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is saturday. It is a good day to go home.(**)