Pastikan Kesiapan Mudik, Kapolres Metro Bekasi Kota Tinjau Pospam Mudik Lebaran 2022

Bagikan:

BEKASI – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki melaksanakan Peninjauan Kesiapan Mudik pengamanan lebaran 2022 di Pos Pengamanan Harapan Indah, Pos Pelayanan Stasiun Kranji dan Pos Pengamanan Satlantas di Mega Hypermall Giant Toll Barat, kota Bekasi, Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan personil dan prasarana yang ada di Pos – Pos Pengamanan dan Pos Pos Pelayanan yang disiapkan Polres Metro Bekasi Kota dan Polsek dalam operasi ketupat jaya 2022.

Kapolres Metro Bekasi Kota dalam kunjungan ke Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan didampingi Waka Polres AKBP Rama Samtama Putra, Kabag Ops Kompol Agus Rochmat, Kasat Lantas AKBP Agung Pitoyo Putra, Kasie Propam Kompol Rosdiana Sirait.

“Polres Metro Bekasi Kota kemarin pada hari Jumat tanggal 22 April Tahun 2022 melaksanakan gelar pasukan lebih awal karena masyarakat sudah mulai melaksanakan mudik. Dipercepat Operasi Ketupat Jaya, sesuai dengan petunjuk dari Mabes Polri melalui Polda Metro Jaya sampai Polres Metro Bekasi Kota,” kata Kapolres Kombes Pol Hengki.

“Kita melaksanakan gelar pasukan khususnya yang ada di Kota Bekasi kemarin yang dilaksanakan di Halaman Pemkot Bekasi kemarin maksudnya untuk memberikan pelayanan bagi para pemudik khususnya dari Jakarta menuju Jawa,” kata Hengki.

“Nah kita hari ini kita melaksanaan pengecekan di pos pengamanan Harapan Indah tadi di Medan Satria di Stasiun Kranji Bekasi Barat Tadi termasuk ini di Bekasi Selatan Pos Pengamanan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota,” ucapnya.

Menurutnya, pengecekan adalah memastikan kesiapan prasarana maupun personil yang akan bertugas di pos-pos pengamanan maupun pelayanan yang ada yang berjumlah 8 dengan 6 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan.

Hengki jelaskan, pengecekan terdiri kesiapan personil baik Polri TNI maupun dinas terkait, kita melaksanakan pengamanan arus mudik ini yang melibatkan personil yaitu sebanyak 795 baik personil dari Polres Metro Bekasi Kota sendiri dan Polsek Jajaran, Kodim maupun dari Dinas Perhubungan maupun Satpol PP dan instansi terkait seperti Dinas kesehatan dan organisasi masyarakat seperti Pokdarkamtibmas, Senkom dan Pramuka.

“Dimana personil disiapkan selain di pos-pos pengamanan dan pelayanan kita melakukan pengamanan – Pengamanan pelaksanaan salat tarawih di masjid maupun musholah musholah yang ada,” tukasnya.

Setelah gelar operasi ketupat kemarin tanggal 22 April kemarin personil kita sudah langsung insert di pos pengamanan maupun pelayanan karena kita ketahui sendiri tingkat arus kepadatan sudah mulai terasa menjelang H-7 jadi kita laksanakan ini sebelum melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan sekaligus mengisi pos-pos pengamanan sehingga kesiapannya lebih lebih matang.

“Kita juga menghimbau Kepada warga masyarakat yang akan melakukan mudik agar mempersiapkan baik kesehatan dan kendaraan yang digunakan harus pula sehat. dipersiapkan baik kondisi kendaraan baik rem, lampu dan mesin dan perlengkapan berkendaraan seperti memakai helm, jaket, surat surat kendaraan, tidak membawa barang berlebihan dikendaraan roda 2 agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” kata Hengki.

Untuk Dipos – pos pengamanan dan pelayanan kita siapkan tenaga kesehatan untuk pengecekan kesehatan dan pelayanan vaksinasi yang belum vaksin termasuk inovasi pengamatan melalui kamera CCTV di jalan jalur mudik sehingga ketika terjadi kepadatan kita bisa menyampaikan kepada menyampaikan kepada personil yang bertugas dilakukan dengan memantau melalui CCTV melalui operator kita di sini

“Kita pesan kita untuk para pemudik dari lagi berhati-hati di jalan, ketika mengendarai kendaraan Lelah silakan Istirahat di pos pos pengamanan dan Pos – pos pelayanan, di kantor – kantor kepolisian yang ada lebih aman,” ujarnya.

Dia berpesan juga agar hati-hati dalam membawa barang-barang berharga sehingga tidak mengundangnya kesempatan para pelaku kejahatan, kalau bisa berangkat siang hari Jangan malam hari khususnya pengendara roda dua hingga tiga sehingga mengurangi resiko bahaya di dalam berkendaraan.

“Gunakan dan lakukan safety riding, kalau siang hari malam hari tetap menyalakan lampunya,” pungkasnya.

Sesuai Perintah dari Kapolri bahwa Pos pengamanan dan pelayanan Mudik Lebaran yang di dirikan Oleh Polri harus mulai beroperasi mulai 23 April sampai 09 Mei 2022 untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebih awal.(RON)