BPLH Gandeng Ibu PKK Peduli Lingkungan

Bagikan:

Sampah-berserakan
google Ilustrasi

BERITABEKASI.CO.ID, Cikarang Pusat – Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi menggandeng ibu-ibu kader PKK dilima Kecamatan yakni, Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara, dan Cikarang Pusat. Untuk program pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga yang saat ini masih banyak jadi problem. Hal tersebut diungkap Kepala seksi Rita Rakhmayanti bidang pemulihan kwalitas lingkungan hidup.
“Sebenarnya Banyak cara untuk mengolah sampah rumah tangga untuk diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis,” katanya.
Dikatakan Rita, kegiatan yang mengundang ibu-ibu PKK di lima kecamatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman pengolahan sampah rumah tangga organik maupun non organik yang memiliki banyak manfaatnya menjadi barang yang bermutu seperti plastik menjadi tas maupun lainnya.
Jadi, ibu-ibu PKK tak hanya paham di masalah keluarga saja tetapi pengelolahan lingkungan juga harus memahami secara tidak langsung terutama pengelolahan sampah organik dan non organik. pemanfaatan sampah rumah tangga sebenarnya banyak sekali bisa dijadikan sesuatu yang bernilai ekonomis seperti melalui program bank sampah.
“Ibu-ibu kader PKK tak hanya ngurus soal keluarga saja tetapi juga harus bisa ikut terlibat dalam pengelolahan lingkungan,” ucapnya
Ditambahkan Rita, kedepan BPLH akan mencoba menjadikan kegiatan sosialisasi pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi kegiatan rutin. Meski harus melihat lebih dahulu anggaran yang disediakan namun paling tidak kegiatan seperti ini memberikan manfaat luas bagi masyarakat dengan tujuan pemberdayaan ekonomi.
(Dedi Juneska)