Gandeng Kopi Sunyi, Danamon Ajak Nasabah Ikut Bangun Masa Depan Kawan Difabel

Bagikan:
Booth Kopi Sunyi siap melayani nasabah yang datang ke cabang. Dengan membeli kopi seharga Rp1,- melalui QRIS D-Bank PRO yang #SelaluMenggoda artinya nasabah telah berdonasi Rp30.000,- kepada yayasan Sunyi Academy untuk ikut membangun masa depan kawan difabel yang membutuhkan.
Booth Kopi Sunyi ini tersedia selama periode periode 30 Oktober hingga 13 November 2023 di Kantor Cabang Danamon Pondok Indah Mall 2 dan Kelapa Gading, serta tanggal 13 hingga 30 November 2023 di Kantor Cabang Matraman dan Prapatan.

JAKARTA- Bank Danamon melalui program Danamon Peduli bekerja sama dengan Sunyi Academy, yayasan yang bergerak di bidang pembinaan ketenagakerjaan industri kuliner untuk kawan difabel, meluncurkan program Berbagi Dalam Sunyi. Program tersebut untuk mengajak nasabah Danamon turut serta membangun masa depan yang lebih baik bagi kawan-kawan difabel.

Selama periode 30 Oktober hingga 13 November 2023 di Kantor Cabang Danamon Pondok Indah Mall 2 dan Kelapa Gading, serta tanggal 13 hingga 30 November 2023 di Kantor Cabang Matraman dan Prapatan, nasabah dapat membeli dan menikmati kopi dari booth Sunyi Coffee di kantor-kantor cabang tersebut seharga Rp1,- (satu Rupiah) pakai QRIS D-Bank PRO untuk berdonasi sebesar Rp30.000,- (tiga puluh ribu Rupiah) bagi kawan-kawan difabel yang membutuhkan.

Dana yang terkumpul kemudian akan dimanfaatkan untuk memberikan pembekalan keterampilan kepada kawan-kawan difabel di kawasan Jabodetabek agar dapat menjadi mandiri dan membangun masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri.

Dalam rangkaian acara pelatihan dan magang, para peserta akan diajarkan pengetahuan seputar teori kopi dan teknik menjadi barista, serta bagaimana caranya mengelola keuangan usaha yang baik. Selepas pelatihan yang akan diadakan pada tanggal 13 hingga 17 November 2023 di gerai Kopi Sunyi di Barito, Jakarta, para peserta akan mendapatkan sertifikat dan kesempatan untuk magang di Kopi Sunyi selama satu bulan. Kawan-kawan difabel yang tertarik untuk mengikuti program ini dapat mendaftarkan diri di akun Instagram Kopi Sunyi @sunyicoffee.

“Misi Sunyi Academy untuk membekali kawan-kawan nasabah agar dapat berdiri di atas kaki sendiri dan menjadi sejahtera sangat sejalan dengan visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan. Oleh karena itu, Danamon melalui D-Bank PRO bersama Danamon Peduli senang sekali dapat bekerja sama dengan Sunyi Academy untuk mengajak nasabah Danamon turut membantu kawan-kawan difabel mendapatkan kesempatan kerja dengan menjadi barista yang kompeten,” ujar Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dalam keterangan pers, Kamis (1/11/2023).

Menurut data milik Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), saat ini terdapat 22,97 juta kawan difabel. Namun, hingga tahun 2022 hanya sekitar 7,6 juta saja dari mereka yang memiliki pekerjaan baik di sektor formal maupun non-formal. Hal ini menunjukkan kawan difabel memiliki kesempatan bekerja lebih kecil dibandingkan masyarakat pada umumnya.

Di sisi lain, data dari Barekraf mengatakan bahwa industri kreatif mayoritas didominasi oleh bisnis kuliner sebesar 41.4%, dengan kedai kopi termasuk di dalamnya. Inilah yang mendasari Sunyi Academy melalui Kopi Sunyi, berkomitmen untuk membantu mempersiapkan kawan difabel agar dapat memiliki mata pencaharian tetap di bidang UMKM kuliner.

Sebagai informasi, kebanyakan pelanggan Kopi Sunyi adalah kaum Milenial dan Gen Z berusia 20-30 dan merupakan pribadi yang dinamis dan aktif menggunakan media sosial. Kedua generasi ini juga terkenal memiliki kepedulian sosial yang tinggi, dengan 62% Milenial dan 58% Gen Z sudah berpartisipasi dalam penggalangan dana atau donasi, sebagai dilansir dari Indonesia Millennial and Gen Z Report 2022 oleh IDN Research Institute.

Demografi yang sama ini juga merupakan target pengguna D-Bank PRO yang #SelaluMenggoda, dan menawarkan berbagai godaan kenyamanan, kepraktisan dan beragam transaksi finansial dan non-finansial harian.

“Dengan D-Bank PRO, nasabah bisa memaksimalkan berbagai fitur dan benefit seperti promo dan cashback untuk mengakali pengeluaran mereka, serta memberikan nilai tambah dan manfaat sesuai gaya hidup mereka, termasuk untuk berbagi dengan sesama melalui program seperti ini. Ini merupakan wujud komitmen Danamon untuk membantu nasabah memegang kendali atas berbagai kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” imbuh Andreas.

Selain program donasi di Kantor Cabang Danamon, nasabah Danamon juga dapat menikmati program reguler QRIS D-Bank PRO yaitu cashback 15% hingga Rp15.000,- (lima belas ribu Rupiah) tanpa transaksi minimum di seluruh gerai Kopi Sunyi dari tanggal 1 November 2023 hingga 31 Januari 2024.

Unduh D-Bank PRO sekarang dan kunjungi kantor-kantor cabang Danamon yang berpartisipasi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi bdi.co.id/berbagisunyi.(**)

Bagikan: