Kanwil DJP Jabar II Lakukan Sita Serentak Terdiri Dari Motor, Mobil Sampai Pesawat Terbang

Kota Bekasi – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) lakukan giat Sita Serentak, Rabu (22/09/21). 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian penagihan aktif yang telah dilakukan sebelumnya berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. 

Tindakan penagihan pajak dimulai dengan penyampaian Surat Teguran, pemberitahuan Surat Paksa, Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan, dilanjutkan dengan eksekusi sita. 

Kegiatan Sita Serentak ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis bagi Direktorat Jenderal Pajak dalam hal ini Kanwil DJP Jawa Barat II untuk menambah jumlah Aset Sitaan dalam rangka mengamankan amanah penerimaan tahun 2021.

Pelaksanaan Sita Serentak ini dilakukan terhadap 18 (delapan belas) Penunggak Pajak yang terdaftar di KPP Madya Bekasi, KPP Madya Karawang, KPPP Karawang, KPPP Cikarang Utara, KPPP Cikarang Selatan, KPPP Cibitung, KPPP Subang, KPPP Indramayu, KPPP Kuningan, KPPP Cirebon Satu, serta KPPP Cirebon Dua, oleh tim penagihan dari setiap KPP terkait yang terdiri dari Kepala Seksi Penagihan, Juru Sita Pajak Negara (JSPN), Pelaksana Seksi Penagihan, serta disaksikan langsung oleh Kepala Kantor. 

Pelaksanaan sita di KPPP Cirebon Satu juga dihadiri oleh Kepala Seksi Bimbingan Penagihan Kanwil DJP Jawa Barat II, Sujono dengan objek sita senilai Rp 18.630.372.591,- terdiri dari 17 rekening bank, 3 unit truk, 3 unit mobil, 1 unit sepeda motor, serta 3 unit pesawat latih. 

Tindakan penyitaan rekening bank didahului dengan pemblokiran rekening di bank tempat Wajib Pajak menyimpan uangnya. Sedangkan penyitaan berupa kendaraan dilakukan di tempat usaha Wajib Pajak, sementara penyitaan pesawat latih dilakukan di bandara Cakrabhuana Cirebon. Barang sitaan langsung ditempel stiker sita oleh Juru Sita Pajak Negara. (*)