Green Canyon, Sepotong Surga di Jawa Barat

Lokasi Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat.
Lokasi Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat.

Kali ini kita mencoba mejelajahi wisata alam Green Canyon di Pangandaran, sepintas namanya seperti tempat wisata di Amerika sana. sebenarnya sungai ini adalah sungai yang berwarna hijau diakibatkan limpahan lumut yang berwarna hijau, sehingga turis asing menyebutnya Green Canyon. Tapi sebenarnya nama asli daerah ini adalah Cukang Taneuh dalam bahasa sundanya, yang berarti jembatan tanah yang berada diatas tebing kembar di tepi sungai.
Lokasi green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 Km atau sekitar 45 menit dari Pangandaran. Tidaklah sulit menemukan tempat ini karena di area pintu masuk banyak terdapat perahu kayu yang biasa disebut Ketinting yang berbaris ditepi sungai. Harga sewa perahu adalah Rp 75 ribu rupiah per orang, tapi jika anda mempunyai kenalan disana mungkin harganya bisa lebih murah
Perahu ketinting akan membawa anda menyusuri sungai yang berwarna hijau, bahkan dikelilingi puhon-pohon besar, terkadang anda akan menjumpai ular atau kadal di tepi sungai. Ketika perahu melambat anda akan dikagetkan oleh dinding jurang disebelah kanan dan kiri anda dan dihiasi oleh stalagmit dan stalagtit, serta air yang mengalir dari dinding tebing sehingga menimbulkan gemuruh air terjun.
Setelah perahu berhenti, anda pun harus berbasah ria, karena sangat rugi jika kita tidak masuk ke dalam gua dan berenang di jernihnya air yang tanpa sampah sedikit pun, pemandangan yang sangat alami dan asri sehingga membuat mata kita istirahat dengan penatnya kota.
Didalam gua pun terdapat Jumping Cliff dari tebing yang tinggi, itu cukup memacu adrenalin anda, karena untuk mencapai tebing tersebut anda harus memanjat dinding tebing dan lepaskan adrenalin dengan melompat dari atas. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Pangandaran membuat wisata ala mini menjadi destinasi yang sulit untuk dilewatkan. Anda pun akan berkata masih ada sedikit sisa peninggalan dari surga disini yang tersembunyi dibalik tebing curam.(jalanjalan.com)

Baca Juga :   Ratusan Rumah Warga di Muara Gembong Terendam Rob