DPRD Temukan Fajar Paper Buang Limbah ke Kali

CIKARANG – DPRD Kabupaten Bekasi, Rabu (25/11/2020), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di dua titik lokasi, yaitu Kali Cikarang Bekasi Laut dan Kali Alam Cikarang. Sidak tersebut membuat geram, lantaran masih adanya pembuangan limbah cair ke Kali, yang diduga dilakukan perusahaan besar seperti Fajar Paper.

Wakil Ketua DPRD Soleman menyebutkan, kali alam Cikarang merupakan penyedia air bersih, untuk kehidupan masyarakat Kabupaten Bekasi. Namun, disalahgunakan sebagai tempat pembuangan akhir limbah oleh perusahaan.

Baca Juga :   Ringankan Beban di Masa Pandemi, Polsek Cikarang Utara Berikan Bantuan ke Pesantren

“Apapun itu bentuknya air atau limbah yang dibuang itu jelas sangat salah,” ujarnya.

Soleman menjelaskan, melihat debit air yang keluar dari saluran Fajar Paper sangat besar. Artinya masalah ini harus di benahi lagi, apalagi yang dilihat bersama-sama oleh Anggota DPRD, Camat dan Stackholder lainnya, sudah sangat jelas bahwa masalah ini tidak boleh di biarkan.

Baca Juga :   THM Lutte di Kalimalang Ditutup Permanen

“Nanti kita akan panggil itu Fajar paper ke DPRD, untuk menjelaskan pembuang limbahnya ke kali alam dan kali CBL,” kata pria yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi ini.

“Limbah cair yang dibuang Fajar Paper itu banyak sekali, bisa dilihat debitnya sampai airnya berbusa,” katanya.

Baca Juga :   Turun di Kali Cikarang, Obon Temukan Dugaan Pelanggaran Lingkungan PT.Gunung Garuda

Fajar paper itu, tambah Leman, membuang limbahnya ke kali alam dan kali CBL itu sudah cukup lama sekitar 11 tahunan. Mengenai masalah sanksi seperti apa nantinya akan kita lihat dari hasil uji sampel air yang diambil di lokasi tadi.

“Kita pastikan ada sanksi yang tegas nantinya terhadap fajar paper soal buangan limbahnya,” tandasnya.(*)