Dinas Pariwisata Dorong Pokdarwis Kembangkan Potensi Wisata di Kabupaten Bekasi

CIKARANG – Sektor wahana Kepariwisataan Kabupaten Bekasi telah menjadi komoditi yang prospektif, dengan potensi keberadaan alam dan keberaneka ragaman khas budaya yang ada di Kabupaten Bekasi untuk dijadikan khasanah kekayaan tujuan wisata

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bekasi Khususnya Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) untuk menjadi bagian masyarakat atau kelompok yang ramah, serta yang Sadar akan potensi kepariwisataan Kabupaten Bekasi.

Diharapkan Pokdarwis bisa turut andil dalam menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan memberikan ruang yang optimal terhadap pelayananan maupun informasi yang terkait tentang kepariwisataan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga :   THM Lutte di Kalimalang Ditutup Permanen

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi menyelenggaraan Kegiatan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Destinasi wisata Kawung Tilu Bojong Rangkas yang berlokasi di Kampung Ciranggon RT 02 RW 01 Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan pembinaan kepada seluruh Pokdarwis dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti 13 kelompok. Pembinaan dilakukan untuk terus meningkatkan manajemen, pengelolaan kepariwisataan, destinasi wisata di masing-masing Pokdarwis.

Baca Juga :   Diduga Langgar Prokes, Wisata Waterboom Cikarang Disegel Tim Gugus Covid 19 Bidang Pariwisata

Para peserta mendapatkan pembinaan dari narasumber yang kompeten di bidangnya yakni Ach. Taufiq Isk (Ketua Forum Kompepar Jawa Barat), Rahmat Darmawan (Koordinator Program Studi Usaha Jasa Pariwisata Universitas Negeri Jakarta) dan Bapak Gunawan, SH (Pemilik Wisata Kawung Tilu Bojong Rangkas).

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Parwisata, H. Mardih Mudrika mengatakan, pembinaan bertujuan untuk meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat bersama Pokdarwis dalam pembangunan kepariwisataan. Selain itu juga kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang kepariwisataa kelompok sadar wisata, dan meningkatkan program aksi sapta pesona.

Baca Juga :   Polisi Periksa 15 Saksi Terkait Kerumunan Pengunjung Waterboom Lippo Cikarang

“Pokdarwis harus jadi motor penggerak pariwisata dalam destinasi Kabupaten Bekasi, Mensukseskan pembangunan pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui sektor kepariwisataan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Drs. H. Encep S. Jaya menyatakan bahwa ingin ke 13 kelompok Pokdarwis mewujudkan destinasi kepariwisataan di kabupaten bekasi yang aman, nyaman dan menawan.

Hal itu, kata dia demi terciptanya wahana kepariwisataan Kabupaten Bekasi yang mempesona, dengan karakter dan ciri khas kepariwisataan kabupaten bekasi yang dikemas secara menarik, unik dan apik.(**)