Adaptasi Kebiasan Baru, BPJS Kesehatan Bekasi Kenalkan Pelayanan Pandawa

BEKASI – Pandemi Covid 19 di Indonesia belum berakhir, namun sebagian masyarakat harus tetap menjalankan akrivitas di luar rumah. Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah mewajibkan masyarakat unruk menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas dengan selalu memakai masker, menjaga jaran dan mencuci tangan dengan sabun.

Sebagai pemberi pelayanan publik, BPJS Kesehatan juga harus menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan fungsinya. Alur administrasi kepesertaan di kantot cabang diatus sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran cobid 19.

“Kami sudah melakukan penyeuaian untuk penerapan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Karena tidak dipungkiri, meskipun di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat tetap berbondong-bondong datanf ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dqn Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Bekasi, Zuamah dalam kegiatan ngopi bareng JKN bersama media, Jumat (25/9/2020).

Zuamah menjelaskan salah satu upaya untuk mengurangi terjadinya kerumunan dengan mengubah tampilan alur pelayanan di kantor cabang. Sebelum memasuki kawasan kantor cabang, petugas BPJS kesehatan akan melakukan pengukuran suhu tubuh peserta/calon peserta JKN-KIS yang tentunya wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. BPJS Kesehatan juga mengatur posisi berdiri pengunjung yang sedang menunggu untuk mendapatkan pelayanan.

Selain itu, BPJS Kesehatan melakukan terobosan dengan memanfaatkan teknologi. Terobosan ini dinamakan Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp). Ini dilakukan untuk membatasi pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang tanpa melalui tatap muka.

“Di masa pandemi ini kami dituntut untuk melakukan adaptasi. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, kami membuka kanal pelayanam administrasi kepesertaan melalui WhatsApp. Masyarakat di wilayaj kerja kantor cabang, dapat memhubungi nomor yang berbeda di tiap kantor cabang,” tuturnya.

Lanjutnya, ada sembilan layanan yang dapat dilayani melalui Pandawa. Peserta/calon peserta dapat mengirimkan format dengan memasukan kode layanan yang diinginkan. Untuk dikantor cabang bekasi masyarakat bisa menghubungi melalui nomor WhatsApp 081280688771.

“Efek adanya Pandawa ini sangat signifikan. Jumlah pelayanan tatap muka menjadi sangat berkurang dan sejalan juga dengan jumlah kerumunan turut berkurang. Tentunya kedala dalam penerapan Pandawa ini ada karena sebaik apapun suatu sistem pasti akan ada evaluasi. Kami akan berusaha untuk mengatasi kendala-kendala tersebut,” tutupnya.

Seperti diketahui, jauh sebelum Pandawa dikembangkan, BPJS Kesehatan sudah memilik kanal layanan administrasi tanpa tatap muka. Kanal-kanal tersebut, diantaranya Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Cemter 1500 400, dan CHIKA (Chat Assistant JKN) melalui nomor WhatsApp 08118750400.(RON)