Dinsos Jabar dan PPDI Jabar Luncurkan Green House Kelompok Usaha Tani

Bagikan:


KOTA CIMAHI – Mari kita belajar dari sahabat-sahabat yang tidak mengeluh disaat lemah, tidak meminta dikasihani dari Ketunaan, tidak pesimis karena berbeda dari yang lain. Sahabat itu tetap optimis berkreasi dan mencurahkan gagasannya menjadi sebuah karya, Sahabat itu tetap Survive mengajak yang lainnnya untuk berdaya meski dalam keterbatasan.
Keterbatasan nan rentan yang mereka miliki tidak menjadikan kendala bagi mereka untuk berkarya dan mencurahkan kreatifitasnya demi Pemberdayaan. *Perkenalkan Sahabat itu adalah Sahabat Disabilitas Indonesia yang berkumpul dan mencurahkan ide dan karyanya dalam wadah PPDI Provinsi Jawa Barat.
PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabiltas Indonesia) Provinsi Jawa Barat merupakan suatu Lembaga Non Pemerintah Mitra Dinsos Jabar yang mewadahi sahabat Disabilitas di Provinsi Jawa Barat untuk aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan masyarakat disabilitas Jawa Barat. Mitra Kemensos RI dan Dinsos Jabar ini sudah eksis disekitar tahun 1980-an (dahulu bernama Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) merupakan salah satu PPDI Provinsi yang paling aktif diantara Provinsi lain di seluruh Indonesia.
Bapak Norman selaku Ketua PPDI Jabar mewakili seluruh sahabat merasa senang dan bersyukur bahwa Dinsos Jabar sudah mempersilahkan PPDI Jabar untuk memanfaatkan lahan aset ini.
“Bangunan dan Lahan yang terletak di Wisma milik Dinsos Jabar, sudah kurang lebih satu tahun dimanfaatkan sebagai kantor Sekretariat PPDI Jabar. Lahan di belakang kantor tersebut yang awalnya hanya lahan rerumputan ilalang, kini melalui kolaborasi dengan Perkumpulan relawan dan Persatuan Disabilitas lainnya suskes mendirikan Green House Kelompok usaha Tani Pratama Mandiri yang menyulap lahan tersebut menjadi lahan pertanian dengan sayuran Cabe, Mentimun dan Sosin,” ujarnya
Dengan rasa bangga dan penuh rasa syukur, pada hari ini *(Selasa, 26/10/2021) Dinsos Jabar dan PPDI Jabar bersama sama meresmikan Green House Kelompok Usaha Tani Pratama Mandiri sebagai wadah sahabat Disabilitas Jawa Barat yang ingin berwirausaha Tani.
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Jabar, H. Adun abdullah Safi’i dan Kepala Seksi Penyandang Disabilitas serta Pelaksana Bid. Resos hadir mewakili Dinsos Jabar dalam meresmikan Program ini sebagai upaya dalam membangun kemandirian dan kesejahteraan Sahabat Disabilitas.
Acara yang dihadiri oleh beberapa perkumpulan Relawan kemanusiaan seperti Human Initiative Jabar dan Swamedia, (Pihak yang telah menginisasi & mensupport Kelompok usaha tani ini), serta tamu undangan lainnya dari perkumpulan Disabilitas seperti Pertuni, Diferensia Foundation, Gerkatin, dan lain lain.
Dalam Peresmian tersebut, Bapak Adun memberikan motivasi bahwa keterbatasan bukan merupakan suatu kendala bagi kita untuk berkarya dan dan bukan suatu penghalang untuk bisa memberi manfaat pada masyarakat.
“Dinsos Jabar sangat mengapresiasi Sahabat Disabilitas yang telah memberikan inspirasi melalui semangatnya dan mengajak kita semua agar tetap berkarya walau dalam keterbatasan dan berkreasi meski ditengah pandemi yang melanda negeri ini,”ungkapnya
Pak Adun mengajak seluruh sahabat Disabilitas yang hadir untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mengajak dan menginspirasi masyarakat lainnya melalui semangat Fastabiqul Khairat yakni berlomba lomba dalam kebaikan.
Dalam Motivasinya, Ka. Bid. Resos mengajak sahabat lainnya untuk berkarya melalui program-program lainnya seperti contoh Perternakan, Budi daya ikan Cupang, Tanaman, jasa Service barang elektronik dan bengkel Pembuatan Kursi Roda, yang kini masih langka dan harus jauh ke DIY jika Disabilitas akan memesan.
“Semoga dengan adanya Kelompok usaha Tani ini, kita bisa memberikan manfaat yang banyak bagi sahabat Disabilitas,”tutupnya. (**)