Tersangka Penghina Suku Betawi Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Bagikan:

Polrestro Bekasi Kota gelar konferensi pers penangkapan terduga penghina suku Betawi

BEKASI SELATAN – Kasus ujaran kebencian yang sempat viral, kini tersangkanya sudah diamankan Sat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, di Slawi, Jawa Tengah.
“Yang bersangkutan diamankan ketika sedang berkaraoke, di daerah slawi,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi kepada media, Senin (18/10/2021).
Tersangka dijerat dengan pasal 16 Junto pasal 4 UU RI Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pas 335 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.
“Terhadap pelaku kasus dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat bermusuhan dan perbuatan yang disertai dengan ancaman kekerasan diancam hukuman paling lama 5 tahun penjara,” pungkasnya.
Sementara itu, ketua Jajaka yang sekaligus tokoh Betawi H. Damin Sada saat ditemui awal media berharap proses hukum kepada VLL agar kejadian serupa tidak akan terulang kembali, dan memberikan efek jera kepada pelaku sara.
“Namanya manusia yang silahkan saja mau damai, tapi bagaimana dulu, sepanjang masyarakat Betawi menerima yang silahkan saja, tapi proses hukum terus berlanjut, supaya hal ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya.(*)