911 Anak Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19, Terbanyak Di Kecamatan Bekasi Utara

Bagikan:

kepada Walikota Bekasi,”kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bekasi, Epih Hanafi

BEKASI SELATAN – Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat ada 911 anak kehilangan orang tuanya meninggal karena covid-19 terhitung 31 Agustus 2021.
“Saat ini Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat pada setiap Kecamatan total ada 911 anak yang ditinggal orang tuanya karena covid-19. Data tersebut sudah kita laporkan kepada Walikota Bekasi,”kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Bekasi, Epih Hanafi, Selasa (28/9/2021).
Dirinya pun menjelaskan dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi, jumlah terbanyak berada pada Bekasi Utara dan terendah berada pada Jatisampurna. Tidak hanya itu ia menerangkan Dinas Sosial Jawa Barat akan memberikan bantuan kepada 221 anak pada tahap pertama.
“Dari keseluruhan jumlah yaitu 911 anak yang ditinggal orang tuanya karena covid-19, yang terbanyak berada pada Kecamatan Bekasi Utara yaitu 136 orang dan terendah pada Kecamatan Jatisampurna berjumlah 36 orang. Akan tetapi kita belum ada intruksi dari Provinsi, kapan akan dilaksanakan pemberian bantuan tersebut,”jelasnya kembali.
Epih mengungkapkan saat ini Kementerian Sosial sedang melakukan verifikasi dan validasi yang bekerjasama dengan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada dilapangan.
“Saat ini sedang dilakukan verifikasi dan validasi guna menegaskan apakah anak tersebut layak untuk dapat bantuan atau tidak, walaupun pada akhirnya akan kita bantu sesuai kondisi pada anak nya,”ucapnya.
Diapun berharap agar setiap stake holder turut serta lakukan pemberian bantuan kepada anak yang ditinggal orang tuanya karena covid-19. Pihak nya akan sudah siapkan data bagu setiap unsur yang ingin lakukan hal tersebut. (RON)