Antispasi Banjir, Relawan Gerakan Sejuta Koin Dan Bersihkan Tumpukan Sampah Kali Jambe

Bagikan:


TAMBUN SELATAN – Untuk mengantisipasi bencana banjir, Seribu Relawan dari berbagai daerah dan komunitas bersihkan tumpukan sampah Kali Jambe, yang berada di Desa Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi,” pada Minggu (26/9/2021) Siang.
Sebanyak 61 dari berbagai komunitas Jabodetabek dan luar daerah mengikuti aksi bersih-bersih sampah, di Kali Jambe, Jatimulya, Tambun Selatan.
Terlihat para relawan saling gotong-royong mengumpulkan sampah sedikit demi sedikit dinaikan ke mobil yang sudah disediakan oleh Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup UPTD wilayah dua, Kabupaten Bekasi.
Selain itu para komunitas sebelumnya sudah lebih dulu mengumpulkan uang koin seberat 7 kilogram, belum diketahui jumlah uang koin yang sudah terkumpul bila dirupiahkan.
“Ya kami mengumpulkan uang koin dari tanggal 16 Agustus sampah 26 September ini, kemungkinan mengumpulkan uang koin ini akan terus berlanjut sampah benar-benar Kali Jambe terbebas dari sampah dan normalisasi dari hula sampai hilir terlaksana dengan baik,”kata Abdul Latif Inisiator Gerakan Seribu Relawan.
Latif juga menambahkan Aliansi Peduli Kali Jambe ada tiga tuntutan masyarakat, yang pertama yakni, bersama-sama selesaikan masalah sampah kali Jambe dari hulu sampai hilir, kedua, pemerintah segera normalisasi Kali Jambe kerena sedimen lumpur sudah semakin menumpuk bila dibiarkan akan menjadi masalah terbesar mengakibatkan bencana banjir, dan yang terakhir pencemaran yang dilakukan TPA Sumur Batu dan Bantar Gebang, terkait air lindih yang masuk ke sungai Kali Jambe agar dikurangin pembuangan limbah tersebut.
“Tiga tuntutan masyarakat ini tolong direspon dengan baik sari pemerintah ataupun pihak swasta yang terlibat di lingkungan Kali Jambe,”tandasnya.(*)