Ekspedisi ODOB : Gowes Bersepeda Onthel Mencintai Tanah Air

Bagikan:


Komunitas sepeda tua bernama Onthel Die Oud Batavia (ODOB) kembali akan melakukan ekspedisi.
Untuk ke 41 kali nya ODOB Pondok Gede akan menyelenggarakan perjalanan bersepeda tua dengan melintasi wilayah berjarak tempuh 96 km dari Jakarta-Bogor pulang pergi.
Kegiatan yang digagas ODOB pada masa PPKM Level 3 Pandemi Covid 19 ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu tgl. 25 September 2021 mendatang dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid 19 yakni seluruh peserta Tim Inti dan Tim Support dinyatakan sudah melaksanakan suntik vaksin baik yang ke 1 ataupun ke 2.
Tim Inti adalah anggota ODOB yang melakukan perjalanan dengan bersepeda onthel dan Tim Support adalah anggota ODOB yang ikut hadir dan memberikan support dukungan kepada Tim Inti.
Kali ini Tim Inti terdiri dari 7 personil, dengan nama dan usia sebagai berikut :
1. H. Suparjo Mangun sebagai Pinrom usia 73 tahun.
2. Yuli Permana usia 57 tahun.
3. Muhammad Naufal Hamdi usia 42 tahun.
4. H. Nurhasan usia 56 tahun.
5. Sriyono usia 49 tahun.
6. Warseno usia 56 tahun.
7. Andre Pranaza usia 46 tahun sebagai Marshall (pengatur ritme gowes tim).
Tim Support 5 Personil, sebagai berikut :
8. Maya Maryani usia 39 tahun.
9. Bagus Santoso usia 23 tahun.
10. Yudi Yudistira usia 47 tahun.
11. Indryani usia 27 tahun.
12. Sri Haryanti usia 57 tahun.
“Tim Ekspedisi ini nanti akan melaksanakan start dari Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur dimana ini adalah basecamp ODOB berkumpul mingguan dan lokasi tujuan finish adalah di Bendungan Katulampa Bogor yang dibangun Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1889 yang mulai beroperasional sejak tahun 1911, yang desain oleh Hendrik van Breen,” kata Andre, salah satu anggota ODOB, kemarin.
Sejarah Katulampa ini berhubungan erat dengan Kali Ciliwung, merupakan sungai besar berhulu di Gunung Pangrango dan bermuara di Pluit Jakarta Utara yang membelah Jakarta.
Terkenal nya Bendungan Katulampa Bogor ini adalah karena sebagai pengendali serta pemberi informasi debit air sungai bilamana akan menyebabkan banjir di Ibukota.
ODOB berkepentingan memberikan informasi dan sosialisasi mengenai sejarah Bendungan Katulampa ini, karena sarat dengan berbagai peristiwa yang berkaitan dengan sejarahnya.
“Pada Ekspedisi ini, ODOB juga akan melantik dan menyematkan 4 personil nya dengan baret ungu kekhasan Tim Ekspedisi ODOB yang menandai berhasilnya Anggota Tim Inti sampai titik finish tanpa kurang suatu apapun,”ujarnya.
“Setelah itu Tim Ekspedisi ODOB juga rencananya akan ziarah ke Makam Habib Empang di daerah Empang Bogor Barat juga Kebun Raya Bogor,”pungkasnya. (*)