Hadapi Musim Hujan, Tumpukan Sampah di Kali Busa Mulai Dibersihkan

Bagikan:


Bekasi – Tumpukan sampah rumah tangga yang menumpuk dan menyumbat aliran kali Busa sepanjang 200 meter, di Desa Satria Mekar, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. hari ini mulai dibersihkan dan diangkut oleh petugas UPTD Pengelolaan Sampah Unit 2 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.
Sebanyak 30 orang petugas serta 1 unit eskavator dikerahkan guna mengangkut sampah yang menghambat aliran sungai dibawah jembatan. Sampah-sampah tersebut diperkirakan mencapai ratusan kubik, dan berdampak pada penyumbatan arus aliran Kali Busa dan tidak lagi bisa mengaliri air ke persawahan milik para petani.
” hari ini kita akan bersihkan semua. Di perkirakan memakan waktu 3 hari ” ujar Camat Tambun Utara Najmuddin di lokasi, Jumat (10/9/2021).
Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Unit 2 Sumardi mengungkapkan, keterbatasan alat berat yang dimiliki Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air yang saat ini tengah difokuskan untuk normalisasi kali Cikarang menjadi kendala penyediaan alat berat untuk mengangkut sampah di Kali Busa.
“Unit alat berat dari Dinas itu sedang di fokuskan untuk digunakan normalisasi kali Cikarang Sepanjang 40 km, jadi agak kesulitan kita untuk penyediaan alat beratnya. Daripada nunggu lama, juga berdampak panjang jadi bersama pak Camat, Kades, kita inisiatif sewa alat berat” ungkap Sumardi.
Sumardi mengatakan, tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik tersebut diperkirakan ada sekitar 50 kubik. Nantinya usai dikeruk, sampah-sampah tersebut akan diangkut memggunakan truk-truk sampah kemudian akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah.
“Kedepanya kita juga terus berupaya mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di aliran kali, sebagai pencegahan” tutupnya. (Sofyan).