Pemkab Bekasi Dorong Percepatan Realisasi APBD Tahun 2021

Bagikan:

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendorong percepatan penyerapan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Pj Sekda Kabupaten Bekasi Herman Hanapi mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan dan membuat surat edaran kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk percepatan realisasi serapan APBD tahun ini.

“Sudah kita sampaikan ke seluruh OPD, kita membuat edaran juga. Bagaimanapun, realisasi serapan APBD secepat mungkin harus segera dilaksanakan,” ujarnya usai rapat virtual dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, di Command Centre, Gedung Diskominfosantik, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat pada, Selasa (7/9/2021).

Herman mengungkapkan, berdasarkan data yang ada, realisasi penyerapan anggaran pada dinas-dinas teknis memang masih belum maksimal. Karena itu pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan serapan anggaran.

“Ya mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah lelang semua. Kita sudah ada pemenangnya, langsung diproses, sehingga realisasi serapan anggaran bisa lebih cepat lagi,” ujarnya.

Terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD), Herman Hanapi mengatakan, adanya relaksisasi di masa PPKM diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan daerah.

“Ya, mudah-mudahan adanya relaksisasi ini bisa memberikan masukan lebih besar dari empat sektor pajak seperti hotel, restoran, parkir, dan hiburan yang kemarin selama PPKM ditutup,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua sektor ekonomi di Kabupaten Bekasi bisa kembali berjalan normal, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah.(*)