PMI Kota Bekasi Gelar Vaksinasi Dengan Kuota 3000 Dosis Vaksin

Bagikan:


KOTA BEKASI – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi menggelar vaksinasi untuk peserta dengan usia 18 tahun ke atas di halaman kantor PMI Kota Bekasi, Sabtu 21 Agustus 2021.
Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Astra Zeneca untuk peserta sebanyak 3000 jiwa.
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara yang merupakan Sekretaris PMI Kota Bekasi, Kusnaman menyebutkan bahwa peserta vaksinasi hari ini mendaftar secara daring/online dan peserta diutamakan untuk yang telah mendaftar terlebih dahulu dan sudah mendapat konfirmasi dari pihak penyelenggara.
“Kami membuka pendaftaran secara online yang link-nya kami sebarluaskan melalui akun media sosial PMI Kota Bekasi sejak seminggu yang lalu, dan peserta dapat mengisi formulir yang merupakan kartu kendali, setelah itu peserta akan mendapat balasan dari kami dan akan masuk ke dalam database kami, sehingga pada hari ini (21/08/2021) peserta hanya tinggal datang membawa kartu kendali yang sudah didaftarkan dan sudah didata oleh kami,” Ujarnya.
Kendati demikian, pihak penyelenggara juga mengantisipasi jika ada yang mendaftar secara offline/datang langsung ke lokasi, namun diutamakan terlebih dahulu bagi peserta yang telah mendaftar secara online.
“Dari total 3000 kuota, kami sediakan 2500 terlebih dahulu untuk peserta yang mendaftar online, itupun setelah 4 hari kami buka pendaftaran sudah habis kuotanya, dan kami cadangkan 500 lainnya untuk antisipasi pendaftaran secara offline seperti yang datang langsung ke kantor PMI, namun tetap diutamakan terlebih dahulu yang mendapat vaksin adalah yang telah mendaftar secara online,” Tambah Kusnaman.
Penyelenggaraan vaksinasi di halaman Kantor PMI Kota Bekasi merupakan pemberian vaksin dosis pertama dengan didukung oleh tenaga kesehatan dari Puskemas Marga Jaya dan relawan PMI Kota Bekasi yang merupakan perawat. Sama seperti pelaksanaan vaksinasi lainnya, peserta yang datang telah membawa kartu kendali yang sudah dicetak dan sudah didaftarkan secara online, perlu melewati proses skrinning kesehatan terlebih dahulu sebelum dinyatakan lolos untuk diberikan vaksin.
Kegiatan vaksinasi tersebut berjalan lancar dengan mengerahkan unsur Satpol PP, Dishub, Babinsa, dan Polisi dalam pengamanannya serta berjalan sangat sesuai dengan protokol kesehatan tanpa ada kerumunan, baik peserta maupun panitia selalu memakai masker, dan selalu menjaga jarak dan bahkan istimewanya, PMI Kota Bekasi menyediakan bingkisan untuk peserta yang telah divaksin.(*)