Jual Surat Vaksin Dan Swab Palsu, Toko Foto Copy di Geruduk Polisi

Bagikan:


Cikarang Utara – Satuan Reserse Kriminal Khusus Polres Metro Bekasi, berhasil mengungkap kasus pemalsuan surat Vaksin dan Swab Palsu, yang di lakukan oleh HH, karyawan dan AL, pemilik Poto copy, yang berada di Jl. Raya Industri, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (03/08/2021) sore.
Menurut Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Hendra Gunawan, terungkapnya praktik penjualan surat vaksin dan Swab Palsu, berdasarkan laporan warga, petugas kepolisian yang datang menemukan beberapa barang bukti, berupa kertas Vaksin dan Swab Palsu, serta beberapa alat scan dan 1 unit Komputer.
“Dua tersangka menjual perlembar surat palsu antara 15 ribu sampai 35 ribu rupiah. Dan kegiatan mereka di lakukan sejak bulan Juni 2021,” ujar Kapolres.
sementara pengakuan pemilik Poto copy, AL, mengaku dia dan karyawan nya dalam sehari bisa membuat 2 sampai 3 Dokumen surat vaksin Palsu.
“Kebanyakan para karyawan pak yang kami buatkan surat palsunya, dan sehari bisa 3 orang yang datang ,” ujar AL.
Akibat dari perbuatannya, dua tersangka terancam pasal berlapis tentang Pemalsuan dokumen sebagaimana dimaksud dalam : Pasal 32 Jo pasal 48 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik. b. Pasal 35 Jo pasal 51 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi juga Pasal 263 ayat 1 KUHP dan Pasal 268 ayat 1 KUHP. Dengan Ancaman hukuman 12 Tahun penjara atau denda sebanyak 12 Milyar Rupiah. (Sofyan)