Download iPBB Layanan Online Bapenda Kabupaten Bekasi

Bagikan:

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Evaluasi, Akam Muharram

CIKARANG – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM, Bapenda mengarahkan wajib pajak (WP) melalui layanan online dengan aplikasi iPBB melalui google play store atau App Store.
“Sekarang kita ada layanan online download aja aplikasi iPBB,” singkatnya.
Dijelaskan Herman, terobosan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran WP, dan tidak perlu lagi mengantri dimasa pandemi apalagi saat PPKM sekarang ini. “Secara teknis bisa dijelasin sama Kabid Akam,” katanya.
Herman memastikan pelayanan di instansinya ketika pandemi ini masih tetap berjalan dengan baik tapi dengan pengaturan jadwal pegawai (WFH), selain itu antrian pemohon yang datang juga dibatasi dengan Prokes yang ketat.
Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Evaluasi, Akam Muharram menjelaskan, aplikasi online ini membantu masyarakat wajib pajak di wilayah yang jauh dari pusat pemerintah seperti Bojongmangu, Cibarusah, Pebayuran, Tarumajaya, Muara Gembong.
“Wajib pajak bisa langsung mengecek secara online dengan mendownload aplikasi iPBB melalui google play store atau App Store pengguna iphone. Tidak perlu lagi datang ke kantor pelayanan pajak, cukup download aja iPBB. Setelah mendownload aplikasi tersebut, masyarakat yang merupakan wajib pajak mengisi nomor obek pajak (NOP). Nanti bisa mengecek, bisa mengetahui apakah PBB sudah dibayar atau belum,” jelasnya.
Masyarakat cukup memasukkan nomor wajib pajak PBB-P2 di menu yang ada di website tersebut. Selanjutnya, akan muncul besaran tunggakan bila wajib pajak belum membayar pajak.
Selain dapat mengecek nilai tagihan dengan mudah, pembayaran PBB tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat pembayaran PBB.
“Untuk Pembayaran PBB-P2 sudah bisa dilakukan secara online, seperti Seperti swalayan Indomaret, Tokopedia. Selain itu bisa juga via ATM, mobile banking, dan aplikasi resmi,” katanya.