1.205 personil Polisi Diterjunkan Pengamanan TPS

Bagikan:
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani memimpin Apel pengecekan kesiapan personil Polri dalam rangka Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (31/1/2024)

BEKASI KOTA – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani memimpin Apel pengecekan kesiapan personil Polri dalam rangka Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah Hukum Polres Metro Bekasi Kota bertempat di Halaman Apel Mapolres Metro Bekasi Kota, Rabu (31/1/2024) pagi. Sebanyak 1.205 personil Polres Metro Bekasi Kota dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Apel yang dimulai Pukul 08.00 wib, bertindak sebagai Komandan Apel AKP Fatholi dengan dihadiri Wakapolres AKBP Dhany Aryanda, PJU Polres, Kasat, Kasie,, Para Kapolsek Jajaran Polres Metro Bekasi Kota.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, S.I.K, M.P.M dalam amanatnya menyampaikan pengecekan personel adalah merupakan langkah awal kesiapan personil Polres Metro Bekasi Kota dalam rangka pengamanan pada hari pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Selanjutnya, Kapolres jelaskan kondisi jumlah penduduk Kota Bekasi 2.470.972 jiwa dengan jumlah daftar pemilih tetap 1.809.574 pemilih, jumlah personel PAM TPS sebanyak 1.205 personil yang terdiri dari 728 personil Polres Metro Bekasi Kota dan 477 personil BKO dari Polda Metro Jaya yang akan mengamankan 1.025 TPS.

Kemudian, untuk TPS ada 3 (tiga) Kategori yang diklasfikasikan Polri yakni TPS kurang rawan terdiri dari 7026 TPS, TPS rawan sebanyak 47 TPS dan TPS khusus yang berada di Lapas Bulak Kapal ada 5 TPS.

“Kapada personil agar dicek betul keperluan dan kebutuhan baik pakaian dan logistik dan diharapkan kepada seluruh personil yang melaksanakan pengamanan TPS jangan terlena, tetap laksanakan tugas yang sudah diberikan sehingga kehadiran kita disetiap lokasi terlihat oleh masyarakat,” kata Kapolres.

Lebih dalam Kapolres mengharapkan personil atau anggota jangan sampai melakukan tindakan yang berlebihan atau eksesi Power.

Oleh karena itu lakukan kordinasi dan kolaborasi dengan TNI, Stakeholder terkait serta elemen masyarakat, hal ini untuk meredam naiknya suhu politik dilokasi TPS yang kita amankan.

“Laksanakan pesan Kapolda dan Pimpinan Polri agar kita semua tetap menjaga netralitas kita dengan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan kita kepada keterpihakan kepada salah satu paslon atau partai Politik,” tegasnya.

Sebab itu, anggota sudah dibekali buku saku karena itu dibaca, dipahami karena di buku saku dijelaskan apa saja yang diperlukan diperhatikan pada saat pengamanan TPS, bagaimana masing masing personil memahami tugas dan tanggunga jawab yang diembannya dan memahami sebagaimana rangkaian prosedur dan pengamanan dilokasi TPS.

“Semoga dalam pelaksanaan tugas pengamanan pemungutan suara dan penghitungan suara di Bekasi Kota berjalan aman, lancar dan kondusif,” tutupnya.

Dalam apel tersebut, Kapolres Metro Bekasi Kota didampingi Wakapolres Metro Belasi Kota dan para PJU dan Kapolsek mengecek kelengkapan personil melalui perwakilan dari masing masing wilayah kecamatan di Kota Bekasi.(**)

Bagikan: