TKK yang Maju Jadi Caleg Tak Harus Mundur

Bagikan:


BEKASI SELATAN – Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi menegaskan bahwa pegawai Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemkot Bekasi yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRF tidak perlu mengundurkan diri.
Menurut Ucu, status calon anggota DPRD kota Bekasi sebagai TKK Kota Bekasi merujuk kepada ketentuan dalam Undang – Undang nomer 5 tahun 2014 tentang ASN.
Kata Ucu, isi dalam UU no 5 tahun 2014 yaitu Pegawai ASN terdiri atas PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja PPPK (pasal 6).
“TKK tidak termasuk dalam kategori ASN ataupun PPPK. Jadi saat pencalonan sebagai bacaleg, mereka punya wewenang untuk tidak mengundurkan diri,” kata Ucu belum lama.
Meski demikian, Ucu mengatakan, TKK yang menetapkan dirinya untuk meneruskan jabatannya di pemerintah Kota Bekasi, di pastikan tidak di Perbolehkan menerima Honor.
“Seharusnya mereka tidak menerima honor. Mereka sudah di kasih kelonggaran untuk tidak mengundurkan diri, masa iya mereka mau menerima honor juga, sedangkan saat ini mereka bekerja tidak focus. Pasti terbagi pencalegannya dan pekerjaan pemerintahnya,” tegas ucu.
“Apabila terdapat TKK yang mencalonkan dirinya sebagai Anggota lesgislatif dan tetap masih bertugas di pemerintanhan. Kalau TKK tersebut tetap menerima honor, maka TKK dinyatakan melanggar etika,” tandasnya.

Bagikan: