Polres Metro Bekasi Kota Ajak Kaum Milenial Sadar Berlalu Lintas

Bagikan:


BEKASI KOTA – Kepolisian Metro Bekasi Kota mengadakan kegiatan Milenial Road Safety Festival 2019 dalam rangka mewujudkan masyarakat milenial yang Cinta Keselamatan Berlalu Lintas, Sabtu, (2/3/2019) di Halaman Summarecon Mall Bekasi.
Diisi dengan kegiatan olahraga bersama dan hiburan, kegiatan festival terbilang sukses digelar dan dihadiri ribuan warga Kota Bekasi ke lokasi acara seperti pelajar, ormas kepemudaan, dan aparatur.
Kegiatan pertama pukul 07.00 dengan mengajak masyarakat berolahraga berjalan santai mengelilingi kawasan Sumarecon dilanjutkan dengan senam masal Maumere.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombespol Yusuf melepas kegiatan gerak jalan dengan mengangkat bendera start. Turut mendampingi Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Indarto, Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan, dan Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati dan unsur jajaran terkait.
Selanjutnya diadakan penandatanganan komitmen kaum pelajar taat lalu lintas, atraksi drum band dan atraksi baris berbaris puluhan Polisi Cilik Kota Bekasi dari angkatan ke-5. Pocil Kota Bekasi kerap menjuarai lomba tingkat nasional dan tampil dihadapan Presiden RI.
Acara hiburan musik dan pemberian doorprize kepada warga masyarakat juga dihadirkan untuk menambah suasana keceriaan para peserta festival. Kegiatan yang digelar selama satu hari ini, juga disediakan gerai kepolisian untuk pelayanan perpanjangan SIM dan SKCK, Badan Pendapatan untuk Samsat Keliling.
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Indarto mengatakan dengan kegiatan Milenial Road Safety untuk mengajak kaum milenial pada saat berkendara di jalan raya maupun sebagai pengguna jalan selalu mengutamakan keselamatan berlalu-lintas.
Ia mengingatkan agar pengendara mematuhi peraturan dan keselamatan dengan mengenakan helm bagi pengendara motor dan sabuk pengaman bagi pegendara mobil. Tidak lupa untuk membawa surat kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM)
“Kita harapkan kaum milenial, kaum muda menjadi agen sosialisasi keselamatan berlalu lintas khususnya di Kota Bekasi. Gunakan helm untuk melindungi kepala dan memiliki SIM sebagai syarat kualifikasi layak mengemudi,” kata Indarto.
Lanjut Indarto mengatakan angka kecelakaan lalu Lintas di Kota Bekasi, 57 persennya banyak terjadi dan menimpa kaum muda termasuk pelajar. Untuk itu Polres Metro Bekasi Kota juga terus berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi untuk mengedukasi pelajar agat tidak membawa kendaraan.
“Langkah persuasif atau imbauan dilakukan ke sekolah-sekolah. Selain itu kita akan tegur karena mereka belum waktunya membawa kendaraan sendiri. Saya harap para orang tua bisa mengerti. Sosialisasi ini pun sedang berjalan dibarengi sosialisasi anti hoax dan anti narkoba kepada pelajar,” ungkap Indarto.
Kota Bekasi pada tahun lalu kata Indarto juga sempat menjuarai lomba Road Safety Partnership Action Award tingkat Nasional dan Terbaik se-Polda Metro Jaya tentang tertib menjaga keselamatan berlalulintas. Ia mengatakan prestasi ini bukan hanya peran kepolisian semata tapi juga karena stakeholder terkait.
“Banyak unsur dalam penilaian seperti ketersediaan rambu, sarana trotoar, ruas jalan yang memadai sangat dibantu jajaran Dinas Perhubungan dan Bina Marga. Prestasi ini hanya bonus dari pelayanan kita terhadap keselamatan masyarakat pengguna jalan,” ungkap Indarto.
Sementara itu, Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati menuturkan acara ini membangun kedisiplinan para remaja atau kaum milenial dibimbing untuk disiplin. Kiat sukses perlu kedisiplinan, antusiasme yang tinggi dan bekerja keras.
“Mewakili Walikota Bekasi, Pemkot Bekasi sangat berterima kasih digelarnya acara ini. Terlihat acara ini sangat efektif mengedukasi pelajar dan kaum milenial. Dengan kegiatan olahraga dan hiburan kita berharap kaum muda bisa lebih disiplin saat dijalan,” kata Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati.(RON/HMS)

Bagikan: