Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pertamina EP Tambun Field Inisiasi Sosialisasi Proklim

BEKASI – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Pertamina EP (PEP) Tambun Field turut berkontribusi meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat untuk menghadapi tantangan lingkungan hidup yang ada saat ini Seperti fenomena pemanasan
global.

Menanggapi fenomena tersebut, PEP Tambun Field melakukan inisiasi pelaksanaan Program Kampung Iklim di wilayah Ring 1 dengan melakukan Sosialisasi Program Proklim yang bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bekasi yang dilakukan di Desa Kedungjaya. Dalam pelaksanaan sosialisasi, perusahaan tidak hanya melibatkan perangkat desa dan masyarakat namun juga melibatkan mitra binaan yaitu kelompok Bank Sampah 2.

Program Kampung Iklim (Proklim) ini adalah program berlingkup nasional dibawah kelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka meningkatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Gilang Rizky Pratama selaku perwakilan kepala bidang Tata Lingkungan DLH Kabupaten Bekasi memberikan apresiasi atas inisisasi yang dilakukan oleh PEP Tambun Field terhadap kepedulian lingkungan di wilayah Kabupaten Bekasi. “Saya berharap sinergi yang dilakukan dengan Pemerintah Kab. Bekasi terus berlanjut,” ucapnya.

Sementara dalam sambutannya, Saefudin Jufri selaku Sekretaris Desa Kedungjaya menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh Pertamina EP.

‘kegiatan ini memberikan wawasan baru kepada masyarakat Desa Kedungjaya terhadap mitigasi perubahan iklim serta peningkatan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim,”ujarnya.

Dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi Program Kampung Iklim ini, harapannya dapat menjadi langkah awal masyarakat Desa Kedungjaya untuk menjadi pionir khususnya di wilayah Desa Kedungjaya. Sebagaimana yang disampaikan oleh Andhar Lutfi selaku Communication, Relations & CID PT Pertamina EP Zona 7 saat dimintai keterangan pada Jumat (14/06/2024).

‚ÄúTerimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Masyarakat Desa Kedungjaya, atas kontribusi dan dukungannya acara Sosialisasi Program Kampung Iklim. Kami berharap masyarakat Desa Kedungjaya menjadi pionir terdepan untuk mengajak masyarakat lebih luas untuk pro terhadap Program Kampung Iklim,” pungkasnya.(**)