Peringati Hari Air Sedunia, Sejumlah Komunitas Bersihkan Sungai Cikarang

CIKARANG – Peringati hari air sedunia, Rehab Kali Cikarang  bersama komunitas dan relawan lingkungan melakukan giat bersih-bersih sungai Cikarang di Kp Pengkolan, RT 02/04 Desa Kalijaya, Cikarang Barat kabupaten Bekasi, Sabtu (18/3/2023).

Ketua Rehab Kali Cikarang, Muhammad Yahya menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

“Kegiatan ini melibatkan anak-anak agar mereka bisa memahami bagaimana membuang sampah yang benar,” kata Muhammad Yahya.

Selain itu, lanjut Yahya di belakang pemukiman warga juga ada penyumbatan sampah memenuhi saluran air, hingga sampai saat ini tak kunjung terselesaikan. 

“Empat tahun kami begerak sampah di sini belum selesai seperti sampah sisa pembuang oli, limbah cair berwarna, padahal kami sudah share informasi ke beberapa media sosial,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan tim CSR pihak Perusahaan PT Fajar Paper, Kurniawan mengatakan sangatvmendukung atas inisiasi Rehab Kali Cikarang yang melakukan hari air sedunia 

“Kami terpanggil untuk Aksi giat ini, di undang oleh rehab Kali Cikarang. Maka ini wujud kepedulian kami dari pihak perusahaan  secara sosial terkait sungai yang ada di Cikarang ,” ujar Kurniawan.

Di akuinya, sungai Cikarang sendiri jauh berbeda di banding beberapa tahun yang lalu, jika di banding dengan masa sekarang yang sudah cukup parah. Perbedaan itu, kata Kurniaaan berdasarkanya informasi yang diperoleh. Ia pun berharap mudah-mudahan dengan niat yang ikhlas dan kerjasama dengan temen-temen rehab dan masyarakat sekitar kita dapat mengembalikan kondisi sungai.

“Minimal tatanan bisa agak lebih baik, syukur bisa seperti dulu lagi yang asri dan nyaman,”harapnya.

Tempat yang sama, Kecamatan Cikarang Barat yang di wakili oleh Kasie Trantib, Supriadi mengatakan, pihaknya atas nama pemerintahan kecamatan Cikarang Barat sangat mendukung kegiatan bersih-bersih Sungai Cikarang dalam memperingati hari air sedunia.

“Atas inisiasi rehab Kali Cikarang dan temen temen komunitas sudah melaksanakan giat ini, sudah banyak membantu kegiatan positif di wilayah Kecamatan kami terutama edukasi pada anak anak sekolah tentang lingkungan, khususnya tentang  sungai yang berkaitan dengan kehidupan. Mudah-mudahan kedepannya, Supriadi berharap agar kegiatan ini terus berkesinambungan,” tuturnya.

Ahmad bin Olim sebagai tokoh masyarakat Cikarang Barat yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, jika di lihat keadaan sekarang kondisi sungai yang ada di Cikarang sudah terlihat parah, jauh di banding beberapa waktu sekitar lima belas tahun silam.

“Saya kalau boleh berpendapat sedih melihat sungai sekarang ,banyak sampah, pohon tumbang ke sungai sehingga kurang nyaman di lihat dan di rasakan, jauh bnget bang perbandingannya,”kata Ahmad.

“Saya berharap pada masyarakat sekitar atau dimana saja berada, cobalah jaga lingkungan atau sungai biar bersih,jangan buang sampah semaunya. Sungai bening kaya dulu bagus liatnya,”tuturnya.

Selain bersih-bersih sungai Cikarang, kegiatan hari air sedunia juga dilakukan penanaman pohon, tebar benih ikan patin dan baung. Pemungutan  sampah di sungai dan bantaran  sungai  serta penampungan sampah dalam karung yang di angkut ke tempat pembuangan sampah akhir. Kemudian dilanjutkan dengan di adakannya mancing bersama sebagai pelepas  lelah sehabis melaksakan giat Aksi bersih bersih sampah.(*)