Pengelolaan Sampah Terpadu, CCEP Dukung Pembuatan Modul Bank Sampah di Kabupaten Bekasi

Workshop dan Diseminasi Pembuatan Modul Bank Sampah Tahun 2023, bertempat di Hotel Metland Cibitung, Selasa (28/11/2023). Kegiatan itu menjadi Program pendampingan Bank Sampah CCEP Indonesi di Kabupaten Bekasi.

KABUPATEN BEKASI – Coca Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia terus memberikan dukungan terhadap upaya peningkatan kapasitas pengelolaan bank sampah yang ada di Kabupaten Bekasi.

Salah satunya, mengadakan Workshop dan Diseminasi Pembuatan Modul Bank Sampah Tahun 2023, bertempat di Hotel Metland Cibitung, Selasa (28/11/2023). Kegiatan itu menjadi Program pendampingan Bank Sampah CCEP Indonesi di Kabupaten Bekasi.

Public Affair CCEP Indonesia plant Bekasi, Ardi Ardianto membeberkan program ini mendorong masyarakat untuk memilah sampah sejak dari rumah sehingga bisa mengurangi beban TPA-TPA yang semakin over load.

“Cara kita bagaimana memaksimalkan bank sampah. Hari ini kita hadir program pendampingan bang sampah bekerja sama DLH, forum komunikasi bank sampah Cibitung, ASOKSI sepakat membuat modul bank sampah. Rencana kita ini untuk memaksimalkan bank sampah dalam mengelola bank sampahnya,” ucapnya.

Dia membeberkan, pendampingan sendiri akan dilakukan terhadap 15 bank sampah . Pendampingan itu meliputi pengelolaan bank sampah, pembentukan UMKM hasil dari pengelolaan bank sampah.

“Yang pasti bagaimana bank sampah ini mempunyai manajemen bagus, struktur organisasinya rapih sehingga sampah yang terkelola jelas volume serta kualitas dari jenis-jenis sampah dan bisa dikembangkan lagi nilai produktifnya,” ujarnya.

Sementara, ketua Bank Sampah Gardenia Berseri Citibung, Dariyati mengatakan pembuatan Modul Bank Sampah bermula dari bank sampah Gardenia. Kemudian, pihaknya berdiskusi dengan forum komunikasi bank sampah Cibitung dan di share ke CCEP Indonesia.

“Alhamdulillah, sudah dipaparkan ada dua modul, pertama modul bank sampah dan kedua SOP dalam berkegiatan di bank sampah,” kata Dariyati.

Dariyati sangat mengapresiasi CCEP Indonesia yang memberikan dukungan terhadap Bank Sampah di Kabupaten Bekasi. Ia mengatakan, CCEP selalu berikan dukungan terhadap kegiatan bank sampah, khususnya di wilayah Cibitung.

“Luar biasa, support yang sangat luar biasa dari CCEP. Jauh sebelum ini pun kami sering didukung Coca-Cola. Alhamdulillah kegiatan-kegiatan, baik di kegiatan internal bank sampah di Gardenia maupun forum bank sampah selalu didukung CCEP,” pungkasnya.(RON)