Pemkot Bekasi Hadirkan Pendidikan Gratis Pada Sekolah Swasta

Kantor Pemerintahan Kota Bekasi

Kota Bekasi – Berakhirnya pengumuman PPDB membuat orangtua mencari alternatif sekolah swasta bagi anaknya yang tidak lolos ke sekolah negeri. Kondisi ini bisa memunculkan siswa putus sekolah.

Menjawab persoalan tersebut, Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, menjelaskan bahwa anak di Kota Bekasi harus mendapatkan hak pendidikan.

Terbaru, Pemkot Bekasi melalui Dinas Pendidikan menghadirkan program biaya pendidikan sekolah swasta gratis untuk jenjang SD dan SMP khususnya bagi peserta didik yang berprestasi dan tidak mampu.

“Pemkot Bekasi hadir untuk memfasilitasi dan memastikan seluruh anak-anak dapat terpenuhi hak pendidikannya. Orangtua tidak perlu khawatir soal biaya sekolah, pendaftaranya bisa langsung ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi” ujar Tri Adhianto Plt. Wali Kota Bekasi.

Program ini diharapkan dapat mencegah terjadinya anak putus sekolah di Kota Bekasi akibat tidak lolos sekolah negeri.

“Kita tidak mau ada siswa yang putus sekolah, Karena Pemkot Bekasi juga memberikan bantuan untuk sekolah Swasta, jadi mereka juga harus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan, tidak ada yg dibedakan,” Lanjut pria yang akrab disapa Mas Tri.

Adapun rincian alokasi bantuan yang diberikan ialah 1. BOSP [APBN] :1.190.000 / tahun
2. BOSDA [APBD]: 25.000 /Siswa /bulan
3. BSM [APBD] : 150.000/siswa/Bulan

“Artinya jika di gabung, biaya sekolah di swasta perbulan sudah dapat subsidi sekitar 275.000 perbulan. Dinas Pendidikan saat ini sudah kerjasama dengan 109 sekolah swasta yang biaya pendidikanya perbulan kurang dari 300.000 untuk dapat menampung siswa yang tidak lolos di sekolah negri,” Tambah Kadisdik Kota Bekasi Uu Saeful Mikdar.

Info lebih lanjut pendaftaran bisa di akses di link berikut:
bit.ly/SiapSekolahDiKotaBekasi.(ADV/HMS)