Masuk Musim Hujan, Dariyanto Ajak Warga Bersihkan Saluran di Lingkungannya

Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Dariyanto saat mengecek perbaikan saluran air

BEKASI TIMUR – Setiap musim penghujan, sejumlah wilayah di Kota Bekasi kerap dilanda banjir. Karena itu, warga diminta bersiap untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan.

Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Dariyanto meminta peran pemerintah untuk perbaikan saluran air di Kota Bekasi. Selain itu, peran serta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mengantisipasi banjir.

“Pertama, peran serta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kedua, partisipasi masyarakat bergotong royong membersihkan saluran-saluran di lingkungannya,” ucap Dariyanto, usai mengecek perbaikan drainase di wilayah Bekasi Jaya, belum lama ini.

Dia mengatakan, banjir yang beberapa waktu lalu terjadi di wilayah Bekasi Timur disebabkan karena luapan kali Bekasi, dampak hujan yang terjadi di hulu.

“Banjir kemarin itu banjir kiriman, karena meluapnya kali Bekasi dari Bogor. Jadi memang wilayah-wilayah tersebut terdampak banjirnya kali Bekasi seperti di RW 03 Margahayu, RW 08 Bekasi Jaya, Wisma Asri di belakang Giant dan beberapa titik yang memang wilayahnya rawan banjir,” ujar Dariyanto yang kembali maju sebagai caleg di Dapil Bekasi Timur- Bekasi Selatan.

Dia mengatakan, banyak aspirasi yang telah direalisasikan untuk penanganan banjir di wilayah Kecamatan Bekasi Timur.

“Pemkot sudah membuat saluran induk di Jalan Agus Salim dan selesai dilaksanakan, terus juga normalisasi kali Gendong yang ada di Bekasi Jaya serta pematusan yang dilakukan oleh UPTD DBMSDA di beberapa wilayah perumahan,”tuturnya.

“Memang tidak semuanya bisa dilakukan Pemerintah, maka kita harapkan partisipasi masyarakat agar membersihkan salurannya dan tidak membuang sampah sembarangan. Banjir itu terjadi disebabkan mampetnya saluran air karena sampah,” pungkas mantan ketua Fraksi Golkar Persatuan.(ADV/SETWAN).