KPU Kota Bekasi Mulai Gelar Rekapitulasi Penghitungan Suara

Bagikan:

BEKASI KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan Pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kota Bekasi pemilu 2024, di Hotel Merbabu, Jumat (1/3/2024).

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengatakan kPU Kota Bekasi memulai rekapitulasi tingkat Kota, karena rekap ini kan perjalanan menuangkan hasil di TPS sampai tingkat kota. Rekapitulasi tingkat Kota ini hanya merekap apa yang sudah ditetapkan oleh Kecamatan.

“Sekarang baru kami mulai hari pertama dan sudah siap ada 3 Kecamatan Pondokmelati, Jatiasih, dan Bantargebang,” kata Ali Syaifa, di lokasi.

Ali menjelaskan, sampai hari masih terdapat 9 Kecamatan masih melakukan proses rekapitulasi. Dirinya berharap rekapitulasi di Kecamatan bisa selesai sesuai jadwal.

‘Target sebelumnya ini kan sampai tanggall 2 maret 2024, kalau belum selesai kita lanjutkan sampai selesai. Kami tentu berharap sebelum tgl 5 Maret 2024 sudah selesai, kalau sudah selesai kan bisa ikut bergabung direkap disini,”ujarnya.

“Harapan nya mudah-mudahan berjalan lancar saksi peserta pemilu juga ikut menyaksikan pengawas pemilu juga bisa ikut mengawasi. Semua nya berperan sesuai porsi nya sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas,” imbuhnya.

Ali menambahkan, jika terjadi perselisihan dalam proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara bisa dituangkan selama proses berjalan.

“Ketika terjadi ada perbedaan data kita kembalikan dan kita uji datanya, mana yang lebih valid. Intinya kalau kami tidak ada yang ditutupi, semua nya terbuka. Kita sandingkan data yang ada di Sirekap dengan salinan hasil yang dimiliki oleh saksi, kalau terjadi perbedaan kita kembalikan ke data yang manual,”pungkasnya.(RON)

Bagikan: